nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Tempat Wisata Wajib Disambangi saat Liburan di Gowa

Lifia Mawaddah Putri, Jurnalis · Selasa 30 Oktober 2018 16:15 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 10 30 406 1970993 5-tempat-wisata-wajib-disambangi-saat-liburan-di-gowa-Ye5rjQ6ngR.jpg Wisata hutan pinus (Foto:Reddoorz)

APAKAH Anda sudah menentukan destinasi liburan akhir tahun bersama keluarga? Jika belum, ada satu tempat yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga untuk menghabiskan liburan. Tempat tersebut adalah Kabupaten Gowa yang terletak di Sulawesi Selatan.

Tempat ini akan memanjakan mata Anda dengan pesona dan pemandangan alam yang indah nan menawan. Selain alamnya yang indah, Anda juga dapat mencoba wisata kuliner yang ada di Gowa. “Kalau untuk wisatanya, ada lesehan bilibili. Kalau orang suka seafood, bisa datang ke lesehan bilibili,” kata Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, saat berkunjung ke Kantor Redaksi Okezone, Gedung iNews, Jakarta Pusat, Selasa (30/10/2018).

 Catatan Kematian Paling Tragis dalam Sejarah, Seperti Apa?

Namun, sayangnya belum banyak orang yang tahu tentang keindahan tersembunyi yang ada di Gowa. Padahal, di sana terdapat banyak pemandangan yang bagus. “Yang paling banyak di kabupaten Gowa itu adalah wisata pegunungannya. Karena memang 65% wilayah kabupaten Gowa itu adalah wilayah pegunungan atau dataran tingginya, sehingga yang paling mejual itu adalah Malino,” lanjutnya.

Nah, berikut ini beberapa tempat wisata di Gowa yang bisa Anda kunjungi bersama dengan keluarga.

1. Danau Tanralili

Danau ini terletak di kaki Gunung Bawakaraeng. Danau ini awalnya terbentuk akibat longsoran Gunung Bawakaeng yang kemudian membentuk cekungan yang dalam. Nama Tranlili diambil dari nama salah satu kerajaan di Sulawesi Selatan yang terkenal pemberani. Untuk menuju danau indah ini, Anda harus menanjak selama 3 jam dari desa terakhir yaitu Desa Lengkese.

 Rekan Satu Grup Terlibat Kecelakaan, Pramugari Ini Tulis Pesan Mengharukan

2. Air terjun Parangloe

Air terjun Parangloe terletak di Desa Bori, Kecamatan Parangloe, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, atau berjarak 20 kilometer dari Kota Makassar. Air terjun setinggi 20 meter ini memiliki susunan batu yang tersusun rapi secara alami. Selain itu, airnya pun sangat jernih dan udaranya sejuk sehingga dapat membuat Anda merasa rileks.

3. Air terjun cinta

Berada di desa Bengo, sekitar 60-90 menit dari kota Makassar, air terjun ini juga menyuguhkan pemandangan yang sangat indah. Air terjun ini memiliki ketinggian kurang lebih 12 meter. Air terjun ini dinamakan dengan air terjun cinta karena bentuk danau yang ada di bawahnya terlihat seperti bentuk hati.

4. Lembah Ramma

Lembah ini berada di kaki gunung Bawakaraeng. Lembah ini dikelilingi oleh sungai-sungai kecil berair jernih. Selain itu dari puncak bukit, aliran sungai tersebut tampak seperti garis-garis kecil berwarna putih yang tidak beraturan. Udara asri di sini tentu dapat melepaskan rasa penat Anda dan membuat merasa rileks.

5. Hutan Wisata Malino

Hutan ini berada di ketinggian 1.500 meter di atas permukaan laut. Hutan ini juga dikenal sebagai sebutan hutan pinus karena di hutan ini dipenuhi dengan pohon pinus. Selain itu, di sini juga terdapat tumbuhan peninggalan Belanda yang cukup langka yaitu tumbuhan edelweis dan pohon turi. Di atas puncak Malino, terhampar perkebunan yang dipenuhi dengan sayur-sayuran hijau. Di hutan Malino ini juga terdapat tempat wisata lain yaitu air terjun Takapala yang berada kira-kira 8 km dari Kota Malino.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini