nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sstt.. Ini Bocoran Kode-Kode Darurat yang Sering Diucapkan Pilot!

Fienca Amelia , Jurnalis · Selasa 30 Oktober 2018 22:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 10 30 406 1971109 sstt-ini-bocoran-kode-kode-darurat-yang-sering-diucapkan-pilot-72EUsLqQvv.jpg Pilot (iStock)

BARU-baru ini Indonesia sedang mengalami duka yang mendalam karena jatuhnya pesawat Lion Air JT 610 pada 29 Oktober 2018. Pesawat ini jatuh di perairan sekitar Karawang, Jawa Barat. Pesawat dengan rute Jakarta-Pangkal Pinang ini membawa 179 penumpang dewasa, satu anak-anak, satu penumpang bayi dan 7 orang kru.

Pesawat yang lepas landas dari Bandara Soekarno Hatta ini dikabarkan hilang kontak. Kecelakaan ini pun mengundang perhatian setiap orang apalagi mereka yang sering bepergian ke luar kota menggunakan pesawat. Peristiwa ini pun membuat masyarakat khawatir untuk menggunakan pesawat.

Prosedur darurat biasanya akan dijelaskan oleh pramugari maskapai sebelum lepas landas. Selain itu, buku instruksi darurat pun tersedia di setiap pesawat. Namun, ada baiknya jika Anda mengetahui kode yang diberikan pilot di pesawat. Dilansir Okezone dari The Travel, Selasa (30/10/2018), inilah 10 kode darurat yang diberikan oleh pilot saat sedang di udara.

 Baca juga: Pramugari, Sosok Pahlawan yang Sering Dipandang Sebelah Mata

Pilot

1. Mayday Mayday Mayday

Kode yang biasanya diucapkan sebanyak 3 kali ini menandakan tanda bahaya. Ini diucapkan berulang agar terdengar di radio yang sedang berisik. Kode ini menandakan pilot mengalami beberapa masalah yang parah dan tidak bisa diatasi.

2. Last-Minute Paperwork

Jika mendengar kode ini, berarti penerbangan Anda telah ditunda karena beberapa alasan. Bisa karena cuaca atau pesawat sedang mengalami kendala teknis. Ini juga bisa jadi ada perubahan jalur penerbangan.

3. Airpocket

Biasanya, kode ini menandakan masalah yang ada di udara seperti cuaca buruk atau angin yang kencang. Ini juga mendandakan Anda akan segera menghadapi turbulensi. Turbulensi sebenarnya bukanlah apa apa bagi pilot, namun seringkali terjadi hilangnya control pesawat. Jika mendengar kode ini, Anda harus bersiap mengalami guncangan turbulensi.

Baca juga: Sahabat Citra Novita Pramugari Lion Air JT 610 Berharap Masih Ada Keajaiban, Pesannya Mengharukan

4. Bravo

Pramugari dan pilot akan berasumsi bahwa ada masalah besar yang terjadi. Kode ini digunakan untuk mengalihkan perhatian Anda dari bahaya yang sedang terjadi di dalam pesawat. Jika ada masalah, mereka akan berusaha memastikan Anda tidak mengetahuinya sampai masalah itu teratasi. Bisa saja anak yang hilang atau hewan yang melarikan diri dan datang ke tempat para penumpang.

https://img.okezone.com/content/2017/09/18/406/1778300/unik-maskapai-ini-bakal-rekrut-pilot-yang-belum-punya-pengalaman-menerbangkan-pesawat-biXbLpfe3w.jpg

5. Crosscheck

Biasanya kode ini akan mengejutkan para penumpang. Ini berarti bahwa pintu siap digunakan untuk evakuasi dan perahu karet akan segera mengembang. Ini bisa terjadi karena berbagai alasan.

6. Pan-Pan Pan-Pan Pan-Pan

Jika Anda mendengar kode ini, berarti sesuatu yang buruk akan datang. Kode Pan ini menunjukkan adanya masalah di dalam maupun di luar pesawat. Ini juga bisa berarti pesawat tersambar petir. Petugas penerbangan bersama pilot biasanya akan melihat masalah apa yang terjadi jika menggunakan kode Pan.

Baca juga: Mengharukan, Inilah 5 Kisah Penumpang yang Selamat dari Kecelakaan Pesawat

7. All-Call

Kode ini disampaikan pilot untuk mengumpulkan semua kru pesawat di satu area. Pilot mengumpulkan mereka untuk menyampaikan beberapa berita buruk. Tidak selalu berkaitan dengan kecelakaan pesawat, bisa juga berkaitan dengan masalah kecil yang harus segera ditangani. All-Call ini tidak pernah digunakan untuk menyampaikan berita baik. Jika kamu mendengar kode ini, tidak ada salahnya untuk menanyakan kepada pramugari.

8. 7600

Ini merupakan kode yang tidak ingin didengar oleh pilot dan kru pesawat lainnya. Kode ini biasanya menandakan hilangnya komunikasi radio ke bandara yang akan dituju. Masalahnya adalah jika tidak bisa menyiarkan ke menara tersebut, pesawat akan berputar-putar sampai mereka mendapatkan sinyal agar mendapat izin mendarat di bandara.

Baca juga: 5 Tempat Wisata Wajib Disambangi saat Liburan di Gowa

9. 7500

Ini merupakan kode yang paling buruk diantara kode pesawat lainnya. Arti dari kode ini yaitu pesawat sedang berada dalam ancaman atau sedang dibajak. Jika kru maskapai mendengar ini, mereka sebisa mungkin akan membantu pilot. Biasanya para pembajak akan memblokir pintu kokpit. Jika pintu ke pilot sudah terkunci, akan sulit untuk dibuka karena pintu kokpit terbuat dari material yang sulit dipecahkan. Dan sebenarnya pilot memiliki senjata di kokpit yang bisa digunakan.

10. 7700

Kode 7700 ini salah satu kode yang memiliki banyak arti. Namun, yang pasti ini menandakan sesuatu yang darurat. Biasanya merupakan masalah tekanan air atau udara yang harus ditangani dengan cepat. Jika Anda mendengar kode ini, berarti pilot meminta bantuan kepada pramugari.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini