nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Awas, Jangan Sembarangan Menyentuh 5 Benda Ini saat di Bandara dan di Dalam Pesawat

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 30 Oktober 2018 22:34 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 10 30 406 1971152 awas-jangan-sembarangan-menyentuh-5-benda-ini-saat-di-bandara-dan-di-dalam-pesawat-VwJ3XvG6zO.jpg Ilustrasi di dalam pesawat (Foto: Bettertravelinsurance)

MENGGUNAKAN transportasi udara bisa diibaratkan seperti belati bermata dua. Di satu sisi, sistem transportasi ini diklaim sebagai transportasi teraman di dunia, namun di sisi lain ada banyak hal-hal negatif yang telah menunggu kehadiran Anda. Mulai dari penundaan jadwal penerbangan yang kerap dilakukan oleh sejumlah maskapai, hingga isu kebersihan yang seringkali diabaikan penumpang.

Menurut Ames Adalja, M.D, seorang spesialis penyakit menular dari Universitas Johns Hopkins, bandara dan pesawat adalah salah satu tempat yang memiliki kemungkianan besar menularkan kuman atau virus penyakit.

“Tempat ini bukan seperti mal atau kereta bawah tanah. Ada banyak sekali benda yang telah terkontaminasi kuman penyakit seperti bakteri E.coli dan virus influenza,” tutur Dr Adalja.

Nah, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, Tara C. Smith, Ph.D, seorang professor epidemiologi dari Kent State University, mengatakan bahwa mencuci tangan dengan sabun pembersih adalah cara terbaik untuk menghindari Anda dari kuman penyakit. Namun selain itu, ternyata ada beberapa benda yang sebaiknya tidak disentuh ketika berada di bandara atau di dalam pesawat. Berikut ulasan lengkapnya, sebagaimana dilansir Okezone dari Self, Selasa (30/10/2018).

BACA JUGA:

Rekan Satu Grup Terlibat Kecelakaan, Pramugari Ini Tulis Pesan Mengharukan

Tombol lift atau gagang pintu

Terlepas Anda memasuki bandara melewati pintu putar, menaiki lift, atau membuka pintu dorong, cuci lah tangan dengan sabun pembersih secepat mungkin. Dr Adalja mengatakan, spot-spot tersebut kemungkinan besar telah terkontaminasi kuman dan virus penyakit yang dibawa oleh pengunjung lainnya.

“Saya membawa botol kecil hand sanitizer jika saya tidak dapat mencuci tangan dengan air dan sabun,” kata Dr. Smith. Meski, pembersih tangan (hand sanitizer) tidak dapat membunuh banyak kuman dibandingkan mencuci tangan dengan air, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), cara tersebut lebih baik daripada Anda tidak membersihkan tangan sama sekali.

Pegangan tangan di eskalator

Dr Adalja mengidentifikasi bahwa pegangan tangan pada tangga escalator sebagai salah satu tempat yang paling banyak dikuasai oleh kuman di bandara. Meletakkan barang bawaan di lantai eskalator pun bukan tindakan yang bijak. Maka dari itu, jika Anda terpaksa memegang benda tersebut, segera keluarkan hand sanitizer atau cuci tangan dengan air mengalir untuk menyingkirkan kuman-kuman penyakit.

 pihak maskapai melakukan pembersihan secara menyeluruh. Maka dari itu, cucilah tangan setelah menyentuh benda tersebut.

Layar sentuh di kursi pesawat

Menonton film favorit di pesawat merupakan salah satu cara favorit penumpang untuk melepaskan rasa bosan mereka. Namun perlu diingat, bahwa lcd touch screen atau layar sentuh yang Anda gunakan sudah digunakan oleh ribuan penumpang pesawat sebelumnya. Kita tidak tahu apakah setiap pergantian rute, pihak maskapai melakukan pembersihan secara menyeluruh. Maka dari itu, cucilah tangan setelah menyentuh benda tersebut.

 BACA JUGA:

 Catatan Kematian Paling Tragis dalam Sejarah, Seperti Apa?

Meja di kursi pesawat

Jujurlah, saat menduduki kursi pesawat, hal pertama yang Anda lakukan adalah mencari posisi terbaik untuk tidur. Biasanya, jika penumpang tidak mendapat kursi di samping jendela pesawat, mereka akan merebahkan kepalanya di atas meja makan yang ada di depannya. Dalam hal ini, Dr Smith menyarakan untuk membawa tisu disinfektan untuk membersihkan permukaannya terlebih dahulu. Ketika Anda sudah selesai menggunakan meja tersebut, cucilah tangan dengan hand sanitizer.

Seluruh permukaan toilet di pesawat dan bandara

Sebersih apa pun bandara atau pesawat yang Anda tumpangi, permukaan wastafel dan closet toiletnya merupakan sumber kuman penyakit. Oleh karena itu, setelah Anda selesai buang air kecil/besar, segera cuci tangan selama kurang lebih 20 detik dengan air mengalir dan sabun pembersih.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini