nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sering Diabaikan, Ini 5 Hal yang Harus Anda Hindari saat di dalam Pesawat

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 30 Oktober 2018 21:45 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 10 30 406 1971154 sering-diabaikan-ini-5-hal-yang-harus-anda-hindari-saat-di-dalam-pesawat-QYF83JwU8o.jpg Ilustrasi (Foto: Travelandleisure)

KETIKA Anda menggunakan moda transportasi udara, tujuannya sangat sederhana yakni, sampai ke tujuan dengan selamat. Namun terkadang, ada beberapa hal sepele yang sering kita abaikan, padahal dapat menunjang keamanan dan kenyamanan selama penerbangan berlangsung.

Untuk menjadi traveler yang lebih bertanggung jawab dan sopan, berikut Okezone rangkumkan 5 hal yang harus Anda hidnari saat berada di dalam pesawat. Sebagaimana dilansir dari Smart Travel, Selasa (30/10/2018).

Jangan sembarangan meminum obat

Sebagian besar pesawat terbang di atas 35.000 kaki dari permukaan laut. Dengan kata lain, Anda akan kesulitan mendapatkan bantuan profesional (dokter) jika tiba-tiba mengalami keracunan obat saat penerbangan sedang berlangsung. Oleh karena itu, hindari konsumsi obat-obatan yang belum pernah Anda konsumsi sebelumnya. Ikutilah resep dan anjuran dokter ketika hendak meminum obat.

Jangan abaikan informasi keamanan

Bagi yang sudah sering berpergian menggunakan pesawat, tentu akan merasa bosan ketika mendengar para pramugari mempraktikkan atau memberikan informasi seputar keamanan, termasuk tata cara memasang sabuk pengaman. Meskipun tampak membosankan, informasi tersebut dapat menyelamatkan hidup Anda suatu hari nanti. Paling tidak, luangkan beberapa detik untuk mencari tahu di mana letak pintu darurat terdekat, dan berapa jauh jaraknya dari tempat duduk Anda. Jadi jika sewaktu-waktu kabin pesawat dipenuhi asap dan berada dalam kondisi gelap, Anda dapat menghitung berapa banyak kursi yang harus dilewati untuk menuju pintu darurat.

Baca Juga: 4 Hal yang Harus Dilakukan Penumpang saat Pesawat Mendarat Darurat di Perairan

Jangan bercanda tentang bom

Tidak akan ada yang tertawa ketika Anda membuat sebuah lelucon tentang bom atau senjata api di dalam pesawat. Alih-alih menyenangkan penumpang, Anda justru bisa ditendang oleh pramugari ke luar pesawat. Saran yang sama juga berlaku ketika Anda hendak melewati petugas bea cukai atau petugas keamanan di bandara.

bom

Baca Juga: Rekan Satu Grup Terlibat Kecelakaan, Pramugari Ini Tulis Pesan Mengharukan

Jangan memindahkan posisi kursi saat makan

Salah satu perdebatan terbesar di dunia penerbangan adalah ketika seorang penumpang merebahkan tempat duduknya, namun tiba-tiba menegakkannya kembali saat penumpang di belakang sedang menikmati makanannya. Selain tidak sopan, tindakan ini dapat memicu perdebatan yang berujung pada keributan.

Jangan konsumsi makanan beraroma tajam

Berbicara tentang makanan, alangkah bijaknya jika Anda menghindari jenis makanan yang beraroma tajam. Misalnya durian, sandwich tuna, atau sepiring onion ring. Aroma yang ditimbulkan bisa mengganggu kenyamanan penumpang lain selama sisa penerbangan.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini