Jangan Sepelekan 5 Warna Fesesmu, Semua Ada Maknanya

Noor Chotijah , Jurnalis · Selasa 30 Oktober 2018 17:42 WIB
https: img.okezone.com content 2018 10 30 481 1971060 jangan-sepelekan-5-warna-fasesmu-semua-ada-maknanya-Y3gPTLLe15.jpg

JIKA sedang buang hajat atau BAB, pasti Anda jarang memperhatikan warna feses yang dikeluarkan. Memang hal ini masih jarang dilakukan, yang lebih diperhatikan hanya rasa pada perut.

Sebenarnya warna pada kotoran dapat mengartikan tentang kesehatan perut Anda. Apalagi jika sudah merasakan sakit perut yang berlebih dan diare tiada henti disertai deman pada tubuh. Sebaiknya mulai saat ini kamu membiasakan mengenali jenis kotoranmu sendiri, seperti yang dilansir Shared.com, Selasa (30/10/2018).

Kuning

Warna kuning identik pada kotoran setiap orang, tetapi warna ini juga tidak selalu ada pada feses setiap orang loh. Kotoran berwarna kuning merupakan tanda bahwa ada sesuatu yang salah dengan saluran empedu Anda, yang membawa ke kantong sistem pencernaan.

Empedu digunakan untuk membantu sistem pencernaan Anda yang menyerap lemak dan minyak, yang telah membawa limbah keluar dari tubuh Anda. Tetapi feses dengan warna ini tidak terlalu bahaya, selama rasa sakit diperut tidak berlebihan.

Hitam

Kotoran hitam yang sangat gelap ini biasanya disertai bau busuk. Penyebabnya adalah pendarahan pada saluran pencernaan yang terjadi di dalam tubuh. Sebaiknya jika kondisi ini terus terjadi, segera periksa ke dokter.

Putih

Putih atau coklat pucat hal ini juga terkait dengan gangguan saluran empedu, dan kotoran ini menunjukan gejala hepatitis atau sirosis . Kotoran yang sangat terlihat tidak normal, bisa jadi karena Anda sudah terlalu banyak mengonsumsi obat diare.

(Baca Juga: Rekan Satu Grup Terlibat Kecelakaan, Pramugari Ini Tulis Pesan Mengharukan)

Merah

Dengan adanya warna merah pada kotoran Anda itu dapat menandakan gejala wasir atau sedang ada penyembelitan. Tetapi coba ingat lagi apakah Anda sedang mengonsumsi buah merah seperti, buah tomat, naga merah, dan stroberi. Hal itu juga bisa mengakibatkan kotoran Anda berubah menjadi merah.

Hijau

Warna ini cenderung normal karena Anda sedang banyak mengonsumsi sayuran hijau, seperti bayam, brokoli dan kangkung. Selama kotoran hijau ini tidak mengeluarkan bau busuk tidak masalah, teruslah mengonsumsi asupan hijau yang bergizi. 

Lalu kapan kita harus periksakan gejala pada dokter?

Dengan adanya warna dan tekstur kotoran yang berlebihan serta tidak pernah Anda alami sebelumnya, jangan disepelekan, apalagi jika kotoran itu berwarna merah kehitaman dengan tekstur seperti bubuk. Kedua hal itu menimbulkan pendarahan yang berlebih, maka segeralah periksa ke dokter.

(Baca Juga: Catatan Kematian Paling Tragis dalam Sejarah, Seperti Apa?)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini