nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Perempuan 20 Tahun Ini Kehilangan Penglihatan Sementara Setelah Lakukan Ekstensi Bulu Mata

Tiara Putri, Jurnalis · Selasa 30 Oktober 2018 23:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 10 30 481 1971153 perempuan-20-tahun-ini-kehilangan-penglihatan-sementara-setelah-lakukan-ekstensi-bulu-mata-2kTPzYfDyK.jpg Ilustrasi (Foto: LBV Professional)

PENGGUNAAN make-up pada perempuan sudah menjadi hal wajar. Entah itu digunakan untuk datang ke acara formal maupun hanya pergi dengan teman. Maka tak heran bila sejumlah perempuan sudah mengenal dan menggunakan make-up sejak usianya masih remaja.

Salah satu jenis make-up yang sering digunakan adalah maskara. Produk ini berfungsi untuk menebalkan bulu mata. Selain itu dapat membantu mata terlihat lebih lebar. Bagi yang tidak ingin bersusah payah, biasanya mereka memilih melakukan ekstensi bulu mata. Namun, seorang mahasiswi berusia 20 tahun terpaksa menelan pil pahit akibat pilihan itu.

Perempuan bernama Megan Rixson itu kehilangan penglihatannya setelah melakukan ekstensi di sebuah salon. Melalui akun Twitter pribadinya, ia mengatakan bila kondisi itu terjadi akibat reaksi terhadap lem yang digunakan salon. Dirinya pun segera mencari pertolongan medis dan sekarang sedang dalam masa pemulihan.

 (Baca Juga:Mata Kamu Cepat Lelah? Ini Penyebabnya!)

Walau begitu, kondisi matanya masih berair. Sebuah video yang diunggahnya memperlihatkan mata Megan yang bengkak dan berair. Matanya juga masih sangat sensitif dan terasa sakit padahal sudah lebih dari seminggu setelah ia melakukan ekstensi bulu mata.

“Gadis-gadis harus sangat berhati-hati terhadap tempat Anda memanjangkan bulu mata. Aku melakukan ekstensi di suatu salon baru dan ternyata mereka menggunakan lem kuku pada bulu mataku. Aku benar-benar kehilangan penglihatanku selama 2 jam, untungnya pembengkakan sudah mereda tetapi masih sangat sakit. Hati-hati," tulis Megan seperti yang dikutip Okezone dari New York Post, Selasa (30/10/2018).

Salah seorang pengguna yang pernah mengalami hal serupa menuliskan komentarnya., “Setelah saya selesai melakukan ekstensi, lemnya seperti membakar mata dan kulit. Bulu mata bahkan tidak bertahan seminggu !!!! Sangat menakutkan terjadi sesuatu dengan mata Anda!" tulisnya. Sementara pengguna lain berpendapat harusnya hal itu tidak terjadi.

 (Baca Juga:Jangan Sepelekan 5 Warna Fesesmu, Semua Ada Maknanya)

Menurut American Academy of Ophthalmology (AAO), ada tiga jenis ekstensi bulu mata yaitu sintetis, sutra, dan bulu mata. Jenis itu biasanya diterapkan oleh petugas salon menggunakan pinset dan lem khusus semi permanen. AAO mengatakan mata harus tetap tertutup selama proses dan ekstensi bulu mata biasanya bertahan sekira 3-4 minggu. Risiko yang terkait dengan prosedur tersebut antara lain trauma atau infeksi kelopak mata atau kornea, reaksi alergi terhadap lem, dan hilangnya bulu mata permanen atau sementara.

Seorang juru bicara AAO mengatakan kebersihan yang tidak memadai di salon dapat menambah peluang terjadinya alergi. Reaksi alergi terhadap lem dapat memicu rasa sakit, gatal, kemerahan dan pembengkakan, serta mengganggu penglihatan untuk sementara.

Sementara itu, Megan juga memberikan saran pada perempuan yang hendak melakukan ekstensi bulu mata. "Saran pertama saya adalah, pastikan Anda selalu melakukan tes lem. Kedua, tanyakan pada ahli kecantikan apa lem yang mereka pakai, minta untuk melihatnya," tandasnya.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini