nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Terlilit Hutang, Pria Asal Amerika Serikat Ini Memutuskan Tinggal di Desa Terpencil India

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Rabu 31 Oktober 2018 09:34 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 10 31 196 1971281 terlilit-hutang-pria-asal-amerika-serikat-ini-memutuskan-tinggal-di-desa-terpencil-india-HvJza4vO4R.jpg Pria Tinggal di Hutan (Foto: Oddity Central)

SEORANG pria asal Amerika Serikat, memutuskan untuk meninggalkan negaranya dan mengasingkan diri di sebuah desa di tengah hutan paling terpencil di India. Tindakan tersebut dilakukannya untuk menghindari tunggakan biaya kuliah (student debt) yang menjadi salah satu isu utama dalam dunia pendidikan Amerika Serikat.

Seperti kebanyakan orang Amerika lainnya, Chaad Hag harus bergantung pada pinjaman mahasiswa untuk membiayai pendidikan di perguruan tinggi. Namun sayangnya, ia kesulitan mendapatkan pekerjaan setelah berhasil mendapatkan gelar sarjana. Chad memutuskan untuk kembali bersekolah demi mendapatkan gelar master. Ia berpikir, cara ini akan membantunya mendapatkan pekerjaan yang lebih layak.

Baca juga: Bocah Berusia 10 Tahun 'Diusir' dari Restoran karena Ajak Pacarnya Berkencan

Alih-alih bekerja di perusahaan ternama, pekerjaan pertama Chad justru menjadi seorang supir truk dan menyusun roket di sebuah pabrik makanan. Ia sempat bekerja sebagai profesor di sebuah universitas, namun gaji yang diterima tidak cukup untuk melunasi pinjaman mahasiswanya yang mencapai Rp304 juta.

Biaya itu harus dicicil sebesar Rp4,5 juta per bulan, atau kurang lebih sama dengan Upah Minimum Regional (UMR) di Indonesia. Tidak sanggup menghadapi permasalahan piutang tersebut, Chad memutuskan untuk meninggalkan Amerika Serikat dan menetap di sebuah desa terpencil di India.

Sebelum pindah ke India, ia mengatakan kepada CNBC bahwa dirinya sempat berpikir untuk tinggal di sebuah gua agar terhindar dari tagihan yang datang setiap bulan. Ide ini muncul setelah ia mengetahui banyak orang yang melakukan hal yang sama. Tetapi setelah memikirkan secara matang, Chat memutuskan untuk bermigrasi ke sebuah negara yang jauh dari negara asalnya.

Baca juga: Jangan Sampai Anak Anda Jadi Korban Penculikan! Ini 5 Tips Menghindarinya

Di India, ia tinggal di sebuah rumah beton di Desa Uchakkada. Setiap bulan ia hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp760 ribu untuk membayar uang sewa. Belum lama ini, Chad diketahui menikan dengan seowang wanita yang juga berprofesi sebagai dosen di sebuah perguruan tinggi setempat.

“Saya bisa mengatakan bahwa utang tidak lagi membebani hidup saya seperti yang terjadi di masa lalu,” kata Chad, seperti dilansir Okezone dari OddityCentral, Rabu (31/10/2018).

Chad tidak memungkiri bahwa total hutang yang harus dibayarkannya tidak sebesar beban yang harus ditanggung oleh kebanyakan mahasiswa Amerika lainnya. Ia mengatakan, ketidakmampuan untuk menemukan pekerjaan membuat dirinya merasa kesulitan dalam membayar cicilan. Hal tersebut membuat menjadi lebih stres, dan akhirnya memutuskan untuk pindah ke India.

Namun ternyata, keputusan yang diambil Chad sangat tidak direkomendasikan para ahli. Jika sewaktu-waktu ia berniat kembali ke negara asalnya, Chad harus melunasi pinjamannya yang mungkin jumlahnya jauh lebih besar dari sebelumnya. Ini karena bunga yang menumpuk dan denda yang harus dibayarkannya.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini