nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cara Ampuh Usir Laba-Laba dan Tikus di Dapur

Noor Chotijah , Jurnalis · Rabu 31 Oktober 2018 15:04 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 10 31 196 1971388 cara-ampuh-usir-laba-laba-dan-tikus-di-dapur-Z1QQx9XRmN.jpg Tikus (Foto: BT.com)

UNTUK memiliki rumah tanpa adanya penghuni hewan menjengkelkan seperti laba-laba dan tikus, itu sangat diinginkan. Lalu bagaimana jika hewan itu sudah terlanjur bersarang di dalam rumah kita? Sudah pasti akan menimbulkan kotoran, ketidaknyamanan dan sarang kuman yang membuat kita kerepotan.

Kebanyakan dari Anda pasti menggunakan insektisida hingga perangkap tikus tradisional untuk memusnahkan kedua hama tersebut dari rumah. Perlu Anda ketahui dengan menggunakan insektisida bisa berdampak pada kesehatan anggota keluarga loh.

Ada cara lain yang mudah dan alami, dengan memanfaatkan bahan yang tersedia di rumah Anda. Karena tikus dan laba-laba memiliki indera penglihatan yang buruk, Anda membutuhkan perangkat yang memiliki bau menyengat. Seketika bisa membantu untuk mengusir tikus hingga laba-laba seperti yang dilansir dari Boldsky, Rabu(31/10/2018).

BACA JUGA:

Sering Dialami, 7 Penyakit Ini Ternyata Paling Menyakitkan

Kantung Teh

Rebuslah 3-4 kantung teh, di dalam panci beserta air yang mendidih. Teh asam, teh Nilgiri atau teh peppermint direkomendasikan untuk metode ini. Setelah itu saring air teh, dan pastikan Anda menaruhnya di area yang rentan terhadap keberadaan tikus. Biarkan kantong teh selama 6 sampai 7 jam, dan ulangi tindakan ini selama 2 hingga 3 hari berturut-turut untuk memastikan bahwa rumah Anda benar-benar bebas dari keberadaan tikus dan laba-laba.

Pasta gigi mint

Oleskan dengan banyak pasta gigi di setiap lubang yang menjadi tempat keluar masuknya tikus di rumah Anda, atau bisa juga oleskan pada kolong lemari agar tidak menjadi sarang tikus. Untuk membasmi laba-laba, Anda hanya perlu menaruh sedikit pasta gigi di ujung-ujung sarang mereka, agar tidak semakin melebar.

Baking Soda

Ini adalah salah satu cara paling aman untuk menyingkirkan tikus dan laba-laba. Sama seperti pasta gigi, taburkan baking soda sebanyak mungkin hingga menutupi jalur keluar masuknya tikus. Saat pagi hari jika Anda ingin membersihkannya sangat mudah, cukup dengan menyapunya atau dengan penyedot debu.

Untuk membasmi laba-laba pun sama, tarulah di setiap sudut tembok atau lemari yang sekiranya akan dihuni oleh laba-laba.

BACA JUGA:

Hati-Hati, Kelamaan Jomblo Tingkatkan Risiko Demensia 40%

Selai kacang dan jebakan tikus

Tikus dan laba-laba memang sangat menyukai aroma dari selai kacang, itu bisa mempermudah agar mereka mendatangi jebakan tersebut. Letakkan di dalamnya sebagai pancingan. Atau bisa juga di letakkan di atas papan yang sudah dioles lem tikus agar hama tersebut terjebak.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini