nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Konsumsi Cottage Cheese Sebelum Tidur Ampuh Turunkan Berat Badan

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Rabu 31 Oktober 2018 09:56 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 10 31 298 1971288 konsumsi-cottage-cheese-sebelum-tidur-ampuh-turunkan-berat-badan-RnQs0S454d.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

MENGONSUMSI keju di malam hari sering dikaitkan dengan mimpi buruk dan perasaan gelisah. Tapi pada kenyataannya, makanan bercita rasa gurih ini juga dapat membantu Anda menurunkan berat badan.

Sebuah penelitian baru yang diterbitkan dalam British Journal of Nutrition menemukan bahwa, konsumsi cottage cheese sebelum tidur dapat mengurangi berat badan karena makanan rendah kalori ini membantu meningkatkan metabolisme, otot, dan kesehatan secara keseluruhan. Bahkan saat Anda berada di tempat tidur!

Seperti diketahui, salah satu mitos populer yang berkembang di tengah masyarakat menyebutkan bahwa konsumsi camilan di malam hari secara teratur dapat meningkatkan risiko obesitas. Hal ini, karena tubuh menyimpannya sebagai lemak.

Baca Juga: Rekan Satu Grup Terlibat Kecelakaan, Pramugari Ini Tulis Pesan Mengharukan

Meski demikian, Profesor Michael Ormsbee, salah seorang ahli gizi mengatakan Tetapi, hal tersebut tidak terjadi pada produk kaya protein seperti cottage cheese. Lewat penelitiannya, mereka menyebut mengonsumsi dua sendok makan keju sebenarnya baik untuk kesehatan.

“Tidak ada lemak yang menumpuk ketika Anda mengonsumsi keju. Hingga saat ini, kami menganggap makanan utuh (whole foods) juga memiliki kecenderungan yang sama dengan keju, namun kami belum memiliki bukti konkret,” kata Profesor Ormsbee seperti dilansir dari Metro.

Baca Juga: Kunjungi Raja dan Ratu Tonga, Lagi-Lagi Netizen Kritik Gestur Meghan Markle

“Ini sangat penting karena menambah literature yang mengindikasikan makanan utuh memiliki fungsi seperti suplementasi protein, dan itu memunculkan pilihan baru bagi orang-orang yang ingin mendapatkan nutrisi sebelum tidur,” sambungnya.

Lebih lanjut Ormsbee menjelaskan, cottage cheese direkomendasikan untuk dikonsumsi sebelum tidur karena mengandung banyak protein yang disebut kasein. Protein ini secara perlahan akan dilepaskan ke dalam tubuh ketika Anda mengonsumsi makanan tersebut.

Fungsinya adalah untuk membantu menunjang kinerja tubuh termasuk proses pembentukan otot dan meningkatkan sistem kekebalan. Dalam studi yang dipublikasikan oleh British Journal of Nutrition, 10 wanita muda yang aktif dengan rentan usia 20 tahun, diminta untuk mengonsumsi 30 gram cottace cheese 30-60 menit sebelum tidur.

Mereka memakannya dua jam seteah makan malam di sebuah laboratorium tidur, tempat eksperimen dilakukan. Setelah terbangun antara pukul 5 – 8 pagi, jumlah energi yang dibakar saat tidur langsung diukur.

Hasilnya menunjukkan bahwa minuman atau makanan yang mengandung kasein dapat meningkatkan metabolisme sekaligus memulihkan otot. “Data ini menunjukkan respons metabolic dari protein whole-food, dan tidak berbeda dari respons metabolisme protein cair,” kata Ormsbee.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini