Lain Jenis Pasta, Beda Juga Saus yang Cocok! seperti Ini Rulesnya

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 31 Oktober 2018 17:35 WIB
https: img.okezone.com content 2018 10 31 298 1971554 lain-jenis-pasta-beda-juga-saus-yang-cocok-seperti-ini-rulesnya-9ictbcKyAc.jpg Pasta (Foto: Ist)

KITA semua tahu bahwa pasta tidak hanya spageti. Ada beberapa lainnya yang tergolong dalam jenis pasta. Tapi, tidak bisa dipungkiri bahwa spageti merupakan pasta yang cukup populer. Ketika mendengar pasta, mungkin yang ada di otak Anda langsung spageti.

Hal ini tentunya berkaitan dengan kebiasaan masyarakat Indoesia itu sendiri. Beberapa menu pasta atau Italian food menyediakannya hanya pasta spageti dan tidak menawarkan pasta yang lainnya.

 BACA JUGA:

Waspadai Gejala Kanker Sarkoma yang Bisa Diawali Nyeri Sendi dan Perut Kembung

Nah, bicara mengenai pasta, dari banyaknya jenis pasta yang ada, orang Italia itu sendiri kalau masak pasta, sukanya yang mana sih?

Okezone coba menanyakannya pada Chef Odie Djamil dan dia ternyata tidak memiliki jawaban untuk pertanyaan tersebut. Tapi, Chef Odie menjelaskan bahwa orang Italia itu doyan sekali matching-matchingin pasta dengan sausnya.

 

"Ya, jenis pasta itu kan banyak banget. Nah, untuk tahu pasta apa yang akan digunakan untuk olahan makanannya, ternyata orang Italia biasanya berpacu pada saus yang digunakan," terang Chef Odie di Modena Experience Center Suryo, Rabu (31/10/2018).

Chef Odie menuturkan, semakin creamy saus yang dibuat, biasanya orang Italia akan memakai pasta yang berbentuk kerang atau yang biasa disebut dengan conchiglie atau farfalle.

"Ya, pokonya pasta yang ada lubang atau ruangnya. Ada alasan khusus. Jadi, ketika dimakan, sausnya bisa sekalian disantap berbarengan dengan pastanya. Sausnya seperti sup," paparnya.

Lalu, bagaimana dengan aglio olio? "Kalau aglio olio, biasanya pasta yang dipakai itu spageti," singkatnya.

Chef Odie menjelaskan, aglio olio itu sangat sederhana. Hanya butuh minyak. Nah, pasta yang pas adalah spagetti karena rasanya yang sangat tipis. Aglio lio, sambung Chef Odie, nggak akan cocok jika dipakaikan pasta jenis penne.

 BACA JUGA:

Sering Dialami, 7 Penyakit Ini Ternyata Paling Menyakitkan

"Jadi, semakin kental sausnya, masyarakat Italia akan menggunakan pasta yang tebel sedikit," ujarnya.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini