nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bukan Toilet, Ini Bagian Terkotor dalam Pesawat Terbang

Annisa Aprilia, Jurnalis · Rabu 31 Oktober 2018 17:15 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 10 31 406 1971470 bukan-toilet-ini-bagian-terkotor-dalam-pesawat-terbang-EOfrS9cJq1.jpg Bagian terkotor dalam pesawat terbang (Foto:Express)

DALAM satu hari sebuah pesawat dapat mengangkut ratusan penumpang yang beragam sekaligus. Sehingga tidaklah mengherankan jika kabin, toilet, hingga hampir semua bagian dari pesawat menjadi tempat tinggal bagi beberapa jenis kuman.

Ada banyak bagian di dalam kabin pesawat yang sering disentuh oleh penumpang, namun tanpa disadari bagian tersebut merupakan permukaan yang paling kotor yang seharusnya diperhatikan. Dilansir Okezone dari laman Mirror, Rabu (31/10/2018), sebuah penelitian akhirnya mengungkapkan permukaan yang paling kotor, ternyata hampir setiap penumpang menyentuhnya.

 Terlilit Hutang, Pria Asal Amerika Serikat Ini Memutuskan Tinggal di Desa Terpencil India

Berdasarkan studi baru yang dilakukan oleh Marketplace, mengungkapkan ternyata sandaran kepala pada kursi pesawatlah yang terbukti menjadi tempat bersarangnya kuman. Sandaran kepala ini pun menjadi tempat bersentuhan para penumpang secara tidak langsung.

Oleh karena sandaran kepala ada di tiap kursi dan keberadaannya tepat di sisi belakang kepala, maka untuk menghindari bersentuhan dengan sandaran kepala menjadi sebuah hal yang sama sekali tidak mungkin. Penelitian yang dilakukan ini caranya mengambil 100 sampel dari sandaran kursi, sabuk pengaman, saku kursi, meja nampan, pegangan pintu toilet bagian dalam.

 

“Saya benar-benar takjub tentang penemuan yang didapatkan dari penelitian yang dilakukan. Beberapa dari kuman bahkan lebih menakutkan dari jenis lainnya,” ungkap Keith Warriner, ahli mikrobiologi.

Salah satu bakteri yang didapatkan dari penelitian yang melibatkan 100 sampel tersebut, ialah bakteri E. Coli terdapat pada sandaran kepala. Selain itu, pada kursi atau tempat duduk penumpang, yang menjadi lokasi paling nyaman selama perjalanan udara, nyatanya telah terkontaminasi tinja.

 Bocah Berusia 10 Tahun Diusir dari Restoran karena Ajak Pacarnya Berkencan

“Saya terkejut. Jujur, saya telah melihat pesawat dan saya sering bepergian menggunakan pesawat. Saya menyadari ada begitu banyak tempat yang berbeda, lokasi kuman dapat ditemukan,” ucap Jason Tetro, pekerja pengendalian infeksi.

Dia pun mengaku tidak pernah menduga sebelumnya sandaran kepala dan kursi tempat duduk menjadi dua lokasi yang paling kotor dan jorok. Kendati demikian, tetap masih ada cara untuk menurunkan risiko infeksi bakteri yang dapat dilakukan, misalnya dengan mencuci tangan sebelum makan atau menyentuh wajah.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini