nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jangan Sampai Tengsin Sama Gebetan karena Mulut Bau, Hilangkan dengan 6 Makanan Ini

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Rabu 31 Oktober 2018 10:09 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 10 31 481 1971294 jangan-sampai-tengsin-sama-gebetan-karena-mulut-bau-hilangkan-dengan-6-makanan-ini-YdpqmHhEN3.jpg Ilustrasi Bau Badan. (Foto: Menshealth)

KITA semua setuju bahwa bawang putih dan bawang merah sangat ampuh dalam meningkatkan cita rasa makanan. Namun jika dikonsumsi secara berlebihan, kedua bahan makanan tersebut dapat menimbulkan bau mulut yang membandel. Ini karena senyawa sulfur yang terkandung di dalamnya.

Namun Anda tidak perlu khawatir. Ada 5 cara praktis yang dapat dilakukan untuk mengusir bau tak sedap dan menyegarkan napas setelah mengonsumsi makanan yang meninggalkan bau tidak sedap tersebut. Berikut ulasan lengkapnya, sebagaimana dilansir Okezone dari Times of India, Rabu (31/10/2018).

Baca Juga:  Catatan Kematian Paling Tragis dalam Sejarah, Seperti Apa?

Susu bebas lemak

Para ahli percaya bahwa susu dapat mengurangi konsentrasi senyawa yang menimbulkan bau tak sedap pada bawang putih dan bawang merah. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Food Sciences mengklaim bahwa meminum susu bebas lemak setelah mengonsumsi bawang putih dapat menghilangkan aroma tak sedap dari dalam mulut. Kendati demikian, pastikan Anda meminumnya 15-20 menit setelah selesai makan.

Apel

Dokter gigi merekomendasikan untuk memakan apel setelah makan. Enzim alami yang terdapat pada buah ini dipercaya dapat membantu memecah senyawa sulfur yang memicu bau mulut. Anda bisa memakan atau meminum jus apel untuk hasil yang lebih efektif.

Baca Juga: Potret Menggemaskan Anak-Anak Kardashian di Bali, Terlihat Damai!

 

Air mineral

Cara paling sederhana dan paling efektif untuk menghilangkan bau mulut adalah dengan meminum air mineral hangat. Tidak hanya membuat mulut menjadi lebih lembab, minuman ini juga akan mengeluarkan racun dan membantu menyegarkan napas Anda.

Air lemon

Berkat asam sitrat dan sifat antibakteri yang terdapat pada lemon, buah ini menjadi salah satu obat yang paling efektif untuk menghilangkan bau mulut yang disebabkan oleh bawang putih dan bawang merah. Yang perlu Anda lakukan cukup mencampurkan air perasan lemon ke dalam segelas air hangat, lalu bilas mulut Anda dengan ramuan tersebut 3-4 kali (15 menit setelah makan).

Permen karet

Mengunyah permen karet setelah mengonsumsi bawang putih juga merupakan cara terbaik untuk menghilangkan bau mulut yang membandel. Permen karet merangsang produksi air liur yang membantu memudarkan plak dan bakteri berbahaya.

Baking soda

Baking soda menyeimbangkan tingkat pH di dalam mulut dan mengendalikan pertumbuhan bakteri penyebab bau tak sedap. Para ahli merekomendasikan untuk mencampurkan baking soda dengan garam dalam segelas air hangat.

Lalu bilaslah mulut Anda dua kali sehari untuk mencegah kuman penyakit dan membuat napas menjadi lebih segar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini