nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kunci Mencegah Kanker Sarkoma yang Bisa Mendadak Ganas Kapan Saja

Dewi Kania, Jurnalis · Rabu 31 Oktober 2018 18:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 10 31 481 1971508 kunci-mencegah-kanker-sarkoma-yang-bisa-mendadak-ganas-kapan-saja-0b9gc1SRiq.jpg Ilustrasi (Foto: Healthgrades)

HAMPIR semua jenis kanker dicegah dengan cara melakukan gaya hidup sehat. Anda pun wajib menerapkan setiap hari, termasuk untuk mencegah kanker sarkoma.

Penyakit kanker sarkoma tergolong langka, namun penderitanya kebanyakan dari kalangan remaja dan dewasa muda. Untuk itu, Anda harus berhati-hati dengan serangan penyakit ini yang muncul mendadak.

Penyebab sarkoma umumnya karena genetik atau mutasi DNA, baik abnormal atau yang terkontrol. Lebih dari itu, gaya hidup juga memengaruhi munculnya sel kanker di sekitar tulang, otot, jaringan lunak, dan beberapa bagian tubuh lainnya yang menjadi penyangga.

 (Baca Juga:Bocah Berusia 10 Tahun 'Diusir' dari Restoran karena Ajak Pacarnya Berkencan)

Ahli Bedah Ortopedi dari Parkway Cancer Center dr Leon Foo mengatakan, karena penyebabnya tidak jelas akibat genetik atau mutasi DNA, maka tidak ada yang tahu bagaimana cara mencegahnya. Namun hal itu bisa diimbangi dengan gaya hidup sehat yang tertib.

 

"Sayangnya banyak orang yang tidak tahu mutasi penyebab sarkoma. Pasti yang jelas hanya tahu bagaimana mencegah pemicunya, gaya hidup sehat adalah kunci penting," ujar dr Leon saat ditemui di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (31/10/2018).

Dokter Leon menyebutkan, apabila seseorang dengan genetik (keturunan) kanker, pastinya harus lebih berhati-hati dalam menjalani hidup. Setiap aktivitas, pola makan, serta kebiasaan latihan harus dijaga dengan baik.

 (Baca Juga:Terlilit Hutang, Pria Asal Amerika Serikat Ini Memutuskan Tinggal di Desa Terpencil India)


Khususnya dari pola makan, sebut dr Leon, saat ini banyak makanan tidak sehat malah memicu kanker. Terlebih kanker sarkoma sub tipe gastrointestinal stromal tumor, bisa ganas mendadak karena menyerang sistem pencernaan.

"Pasti baiknya menjaga pola makan supaya tidak membahayakan diri sendiri. Hindari makan berproses, junk food, daging merah, sampai minuman kemasan manis. Diet benar itu penting," tambah dia.

 (Baca Juga:Pesta Halloween, Anak Kecil Bawa Kepalanya Sendiri Berkeliling Minta Permen Viral)

Selain itu, Anda juga harus mengimbangi kegiatan olahraga, aktivitas fisik ringan, meditasi, serta jauhi kebiasaan merokok. Jauhi stres dan teruslah rileks supaya bisa terhindar dari penyakit ganas, seperti kanker sarkoma.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini