nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Waduh.. Pria Pendek Ternyata Lebih Cepat Marah, Benarkah Demikian?

Noor Chotijah , Jurnalis · Kamis 01 November 2018 10:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 11 01 196 1971813 waduh-pria-pendek-ternyata-lebih-cepat-marah-benarkah-demikian-eW6oVLbNwm.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

TINGGI badan memang menjadi hal yang cukup sensitif dibicarakan orang, terutama pada pria. Di Indonesia, para pria memiliki ukuran tinggi dengan rata-rata 168cm, sedangkan rata-rata pada wanita adalah 163cm.

Nah, sebuah penelitian menunjukkan, ada perbedaan mendasar antara orang yang berpostur tubuh tinggi dan pendek. Seperti yang dilansir Shared, mereka yang memiliki postur tubuh pendek, pasti lebih sering di bully teman-teman yang berpostur tinggi.

Menurut penelitian di Centers for Disease Control, para ilmuwan telah menemukan bahwa pria dengan postur badan pendek memiliki sifat pemarah yang lebih besar.

Baca Juga: 11 Maskapai dengan Kinerja Terburuk di Dunia, Indonesia Sumbang 1

Para ilmuwan tersebut mensurvei dari 600 pria berusia antara 18 dan 50 tahun, tentang bagaimana mereka melihat jenis kelamin laki-laki, citra diri, dan perilaku dalam kaitannya dengan pengambilan obat, kekerasan, dan kejahatan.

Penelitian menemukan bahwa pria yang berpostur pendek, lebih cepat untuk mengeluarkan rasa emosinya dan lebih sulit untuk mengontrol diri.

"Short Man Syndrome" atau "Napoleon Complex" telah membuktikan oleh sebuah penelitian yang diterbitkan Departemen Psikiatri Universitas untuk memperlihatkan hal yang nyata.

Mereka melaporkan, berdasarkan penelitian yang dihasilkan dari orang bertubuh pendek, hal ini bukanlah gangguan mental. Semua ini dianggap sebagai stereotype sosial dari pandangan orang disekitarnya cendrung lebih merendahkan.

Baca Juga: Orangtua Lalai, Remaja Tewas Hantam Tiang Usai Keluar Sunroof Mobil

Meski demikian, berdasarkan penelitian para psikolog, pria bertubuh pendek memiliki sifat yang rendah hati, dan mereka itu sangatlah agresif juga pencemburu.

Di sisi lain, para peneliti mencatat bahwa pria berpostur tinggi memiliki lebih banyak manfaat di dalam hidupnya, seperti masalah kesehatan, status sosial, pendidikan hingga kebutuhan pekerjaan. Serta mereka juga sangat dipercayai untuk menjadi seorang pemimpin, karna potur yang lebih terlihat gagah.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini