nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kunci Penting Generasi Milenial biar Tak Jadi Pengangguran

Dewi Kania, Jurnalis · Kamis 01 November 2018 20:16 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 11 01 196 1972118 kunci-penting-generasi-milenial-biar-tak-jadi-pengangguran-mI0vbzfjR7.jpg Generasi Milenial (Foto: Goodcall)

GENERASI muda atau milenial jadi salah satu aset bangsa di masa depan. Mereka harus mengenyam pendidikan setinggi-tingginya supaya keterampilannya bertambah.

Berdasarkan survei Badan Pusat Statistik (BPS) Juli 2018, angka pengangguran masih banyak, khususnya pada lulusan pendidikan menengah ke atas. Hal ini sangat disayangkan, karena generasi muda jadi merasa terputus dalam mendapatkan pendidikan layak.

 BACA JUGA:

5 Destinasi di Kota Makassar Melekat dengan Sejarah dan Budaya

Umumnya, pemicu utama dari masalah tersebur ialah minimnya biaya pendidikan yang disiapkan oleh keluarga. Bagaimanapun anak tetap harus mendapatkan hak pendidikan sekolah tinggi, agar mereka bisa meraih cita-cita, sekaligus mengasah bakatnya.

"Generasi muda butuh program beasiswa, khususnya lulusan siswa-siswa SMA atau sederajat di seluruh wilayah Indonesia. Kami siapkan 400 kuota, khususnya mereka yang tinggal di pulau tertinggal dan perbatasan," ujar Deputy Marketing Director Avian Brands Novi Christiana, lewat keterangan yang diterima Okezone, Kamis (1/11/2018).

 

(Foto: Ilustrasi Milenial/Shutterstock)

Menurutnya, tidak hanya dana beasiswa saja yang dibutuhkan generasi muda Indonesia. Mereka harus dapat pengembangan potensi diri, melalui pelatihan keterampilan.

Setiap anak harus memperkaya soft skill maupun hard skill, melalui pelatihan keterampilan workshop yang dipandu para profesional. Begitu juga dengan penguatan minat dan bakatnya yang harus didukung karena bermanfaat.

Minimal, tambah Novi, anak muda Indonesia harus bisa kuliah sampai lulus strata satu (S1). Hal ini penting baginya agar ke depan mereka bisa berprofesi di berbagai macam bidang, khususnya dapat membangun bangsa jadi lebih maju.

 BACA JUGA:

Kisah Putri Ayako, Lepas Status Kebangsawanan demi Nikahi Pria Biasa

"Oleh karenanya, kami berupaya membuka peluang pendidikan yang lebih baik bagi para generasi muda, agar terus berkembang dan berkarya," terang dia.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini