nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menjadi Pengemis, Nenek Berusia 79 Tahun Ini Ternyata Kaya Raya

Tiara Putri, Jurnalis · Kamis 01 November 2018 20:45 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 11 01 196 1972152 menjadi-pengemis-nenek-berusia-79-tahun-ini-ternyata-kaya-raya-FtMAEHrf4W.jpg Ilustrasi (Foto: Odditycentral)

MASIH ingatkah Anda dengan kisah kakek pengemis yang tinggal di gerobak namun menyimpan uang jutaan rupiah? Ternyata kejadian itu tidak hanya terjadi di Jakarta saja. Seorang nenek di China juga memiliki kisah serupa.

Nenek berusia 79 tahun itu sehari-harinya menghabiskan sebagian besar waktu untuk mengemis di sebuah stasiun kereta api di Hangzhou. Padahal dirinya merupakan seorang pensiunan kaya raya yang tinggal di rumah 5 lantai. Tak hanya itu, nenek yang belum diketahui identitasnya juga memiliki beberapa toko ritel dan properti sewaan di kota.

Bahkan dari hasil mengemisnya, nenek tersebut bisa mendapatkan uang hingga 300 yuan atau setara 655 ribu rupiah per hari. Biasanya nenek itu akan tiba di stasiun setiap pagi sekira pukul 10 pagi. Dirinya baru pulang pada pukul 8 malam. Pada awalnya, nenek tidak berniat mengemis. Dia menjual peta di sekitar stasiun namun dilarang petugas karena menimbulkan kegaduhan. Dari situlah ia memutuskan untuk menjadi pengemis.

Baca Juga: Bocah Berusia 10 Tahun 'Diusir' dari Restoran karena Ajak Pacarnya Berkencan

Menurut putra dari nenek itu, pihak keluarga sudah berkali-kali mengatakan kepada ibunya agar berhenti mengemis. Tetapi permintaan itu tidak didengarkan.

"Saya mengatakan kepadanya jika kondisi dia baik-baik saja sehingga tidak perlu meminta-minta. Setiap hari saya memberinya makanan yang lezat, tetapi dia tetap bersikeras untuk pergi mengemis. Padahal dalam hal uang dia jauh lebih kaya daripada kebanyakan orang di sini dan memiliki tabungan di beberapa," tutur putra tersebut dalam siaran radio seperti yang dikutip Okezone dari Odditycentral, Kamis (1/11/2018).

nenek pengemis

Setelah kisah sang nenek viral karena menjadi berita utama nasional, staf di stasiun kereta mulai menyiarkan pesan di pengeras suara. Isi pesan itu meminta agar penumpang maupun orang lewat tidak memberikan uang kepada nenek tersebut. Selain itu, kisah tersebut juga memicu perdebatan sengit di media online.

Baca Juga: Rekan Satu Grup Terlibat Kecelakaan, Pramugari Ini Tulis Pesan Mengharukan

Beberapa orang mengecamnya karena menipu orang lain untuk uang yang tidak benar-benar diperlukan. Tapi ada pula orang yang membelanya. Mereka mengklaim bila perilaku sang nenek dimotivasi oleh kesepian dan kebosanan. Malah sampai ada yang menyalahkan putranya karena tidak menghabiskan banyak waktu dengan ibunya.

Sementara itu, menurut sebuah laporan, alasan nenek tersebut mengemis karena tidak ingin hanya duduk di rumah sepanjang hari. Hasil dari mengemisnya itu juga hendak digunakan untuk menyewa seorang pengasuh ketika dirinya semakin tua.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini