nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Chicken Nugget Ini Dibuat Tanpa 'Membunuh Ayam', Rasanya Tetap Lezat!

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 01 November 2018 14:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 11 01 298 1971930 chicken-nugget-ini-dibuat-tanpa-membunuh-ayam-rasanya-tetap-lezat-p842MwrLUZ.jpg Nugget (Slate)

DARI sekian banyak makanan cepat saji yang dijual di pasaran, chicken nugget menjadi salah satu hidangan favorit di kalangan pencinta kuliner dunia. Kudapan yang terbuat dari daging ayam yang digiling halus ini menyuguhkan sensasi rasa gurih dan unik.

Apalagi ketika dicocol dengan saus sambal atau saus tomat. Rasanya tidak cukup hanya menyantap satu potong saja.

Belakangan, sejumlah produsen makanan mulai mencari cara untuk mengolah chicken nugget tanpa menggunakan daging ayam asli. Sekilas memang terdengar aneh, mengingat bahan dasar utama kudapan tersebut adalah daging ayam.

Baca juga: Pertama Kali di Dunia, Dokter Resepkan Pasien Kunjungi Museum

Adalah JUST, sebuah perusahaan Amerika Serikat yang awalnya dikenal dengan nama Hampton Creek. Mereka berhasil menciptakan sebuah inovasi baru yakni, membuat olahan chicken nugget tanpa ‘membunuh ayam’. Sebagian orang tentu penasaran dengan cita rasa yang dihasilkan. Apa jadinya chicken nugget diolah tanpa daging ayam?

 daging Just (Foodbeast)

Kepala komunikasi JUST, Andrew Noyes menggambarkan bahwa chicken nugget yang diproduksi oleh perusahaannya sebagai “biopsy kecil dan tidak berbahaya”, ujarnya seperti dilansir Okezone dari Foodbeast, Jakarta, Kamis (1/11/2018).

Baca juga: Mengenal Pineberry, Stroberi Warna Putih yang Punya Banyak Manfaat

JUST berhasil mengembangkan sel-sel terbaik dari sampel yang selama ini telah mereka uji coba. Hasilnya? Chicken nugget dapat diproduksi dalam waktu yang sangat singkat, bahkan hanya dibutuhkan waktu selama kurang lebih dua hari untuk menghasilkan produk makanan tersebut.

Kendati demikian, Andrew menegaskan timnya sedang bekerja keras untuk meningkatkan efisiensi produk, termasuk menciptakan sebuah media bebas serum yang menjadi salah satu tantangan terbesar sampel jaringan ayam itu.

https://cdn.foodbeast.com/wp-content/uploads/2018/10/lab-grown-chicken-nuggets-feather-min.jpg

Baca juga: Setelah 25 Tahun Dilarang, China Kembali Izinkan Obat dari Tulang Harimau dan Cula Badak

Tidak hanya itu, kendala yang harus mereka hadapi juga terkait dengan perizinan yang harus diverifikasi oleh Food and Drug Administration Amerika Serikat. Badan pengawas obat dan Amerika Serikat itu hingga saat ini belum memberikan sebuah pernyataan resmi, apakah produk chicken nugget hasil kreasi JUST aman dan layak untuk dikonsumsi? Atau bahkan dapat menimbulkan masalah kesehatan yang berbahaya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini