Perang Tempe Jokowi Widodo - Sandiaga Uno, Ini Pendapat Pakar Kuliner Indonesia Sisca Soewitomo

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 01 November 2018 20:52 WIB
https: img.okezone.com content 2018 11 01 298 1972183 perang-tempe-jokowi-widodo-sandiaga-uno-ini-pendapat-pakar-kuliner-indonesia-sisca-soewitomo-44zLeeezhk.jpg Seputar Olahan Tempe (Foto: Ist)

ADA kejadian unik ketika Presiden Joko Widodo berkunjung ke Pasar Suryakencana, Bogor, Jawa Barat, beberapa hari lalu. Ia terlihat memborong sejumlah bahan makanan seperti sayuran bayam, cabai rawit, dan tomat.

Selain itu, Presiden Jokowi juga memborong tempe dari salah satu pedagang pasar. Sembari melemparkan senyuman, ia mengatakan, “Ukuran tempenya besar-besar ya. Tadi melihat sendiri kan?,” ucap Jokowi, sebagaimana disarikan Okezone dari berbagai sumber, Kamis (1/11/2018).

Pernyataan Jokowi seolah menyindir calon wakil presiden nomor urut 2, Sandiaga Uno yang sempat mengatakan bahwa ukuran tempe yang dijual di Indonesia saat ini, setipis kartu ATM. Tidak puas dengan istilah tersebut, Sandiaga juga menyebut ukuran tempe tersebut seperti tempe sachetan. Pernyataan itu ia keluarkan saat melakukan kunjungan ke Pasar Projosari, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Rabu 24 Oktober 2018 lalu.

Terlepas dari perang tempe antara Sandiaga Uno dan Joko Widodo, Okezone berhasil meminta tanggapan dari pakar kuliner legendaris Indonesia, Sisca Soewitomo. Menurutnya, tebal atau tipisnya tekstur tempe memang tergantung dengan selera dan makanan yang hendak diolah.

“Tergantung kepentingannya. Kalau mau digoreng biasa dengan bumbu sederhana, bisa beli tempe yang kayak papan dengan berat 600 gram. Terus dihitung saja. Misalnya 1 orang makan 50 gram, jadi dari 600 gram tempe itu bisa dijadikan 12 potong,” ujar Sisca Soewitomo saat dihubungi Okezone via telepon, Kamis (1/11/2018).

Berbeda halnya jika ingin membuat olahan kering atau keripik tempe. Bahan makanan berbahan dasar kacang kedelai itu memang harus diiris tipis atau menyerupai korek api. Tujuannya tentu saja untuk menghasilkan sensasi yang renyah dan kriuk.

“Kalau mau bikin bacem, tinggal tambahkan saja bawang merah bawang putih, gula merah garam, daun salam, dan serai. Lalu direbus dengan api kecil,” kata Sisca.

“Jangan remehkan tempe. Tempe itu the best food di Indonesia. Saya makan sambal tempe setiap hari, di makan pakai nasi saja enak banget. Cara buatnya? Mudah sekali. Ambil 300 gram tempe (goreng), 8 cabai rawit , bawang putih 3 siung, dan kencur. Haluskan semua bahan. Rasanya mantap pollll,” timpalnya.

Nah, jika Anda tertarik untuk membuat olahan tempe di rumah, Okezone telah merangkum resep ayam tempe goreng lengkuas dan tempe goreng bumbu sederhana. Yuk simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Ayam Tempe Goreng Lengkuas

½ ekor ayam, potong 7

½ papan tempe potong tebal

100 gram lengkuas muda, parut atau blender

1 btg serai, geprek

1 lembar daun salam, robek

2 lembar daun jeruk, remas-remas

Bumbu halus:

5 siung bawang merah

3 siung bawang putih

1 sdm ketumbar butiran

½ sdt merica bubuk

½ sdt kaldu ayam

1 ruas kunyit

sedikit jahe

garam secukupnya

gula secukupnya

300 ml air

Cara membuat:

1. Tumis bumbu halus dan parutan lengkuas, masukkan serai, daun salam dan daun jeruk hingga wangi. Tambahkan air;

2. Masukkan potongan ayam dan tempe, tambahkan garam dan gula kemudian koreksi rasa, ungkep hingga air menyusut;

3. Goreng ayam dan tempe hingga kuning kecokelatan, lanjutkan goreng sisa parutan lengkuas. Ayam dan tempe lengkuas siap dihidangkan bersama nasi putih hangat dan sambal cabai.

Tempe Goreng Bumbu Sederhana

200 gr tempe

2 siung bawang putih (15 gr)

½ sdt ketumbar

garam kasar secukupnya

sedikit air

Cara membuat:

1. Uleg bawang putih, ketumbar, dan garam sampai halus;

2. Oleskan potongan tempe ke bumbu yang sudah dihaluskan. Anda bisa memberikan air sedikit untuk mempermudah proses pembaluran tempe. Diamkan sebentar;

3. Panaskan minyak dengan api sedang. Goreng tempe, jika permukaan atas sudah mulai agak kering, baliklah. Tunggu sebentar angkat dan tiriskan;

4. Tempe goreng siap disajikan.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini