Angka Penderita Meningkat, Inilah Gejala dari Kanker Mulut!

Tiara Putri, Jurnalis · Kamis 01 November 2018 22:31 WIB
https: img.okezone.com content 2018 11 01 481 1972182 angka-penderita-meningkat-inilah-gejala-dari-kanker-mulut-lXFHxXninW.jpg Mulut Kesehatan (Hellosehat)

BEBERAPA tahun terakhir, jumlah pasien yang yang didiagnosis dengan kanker mulut telah mengalami peningkatan hingga 13%. Banyak faktor yang melatarbelakangi hal ini termasuk gaya hidup. Kebiasaan merokok dan seks oral menjadi salah satu pemicunya.

Pada awalnya, kanker mulut cenderung terjadi pada pria yang lebih tua. Tetapi menurut laporan oleh Oral Health Foundation and Simplyhealth Professionals, sekarang wanita dan orang-orang muda juga bisa terserang penyakit tersebut. Sayangnya 75% tanda dan gejala kanker mulut jarang disadari.

"Sangat penting untuk memahami hal yang paling mungkin menempatkan seseorang pada risiko kanker mulut. Cara menemukan kanker mulut dan tindakan yang harus dilakukan saat menemukan tanda," ujar Dr Nigel Carter OBE selaku ahli mulut seperti yang dikutip Okezone dari The Sun, Kamis (1/11/2018).

 Baca juga: Ini 8 Jenis Mawar Terindah di Dunia

Kanker Mulut

Tanda-tanda kanker mulut dapat muncul di mulut, bibir, kepala, dan leher. Tanda itu meliputi ulkus mulut yang tidak kunjung sembuh lebih dari tiga minggu, bercak merah atau putih, gumpalan dan bengkak yang tidak biasa, kesulitan mengunyah, menelan dan lidah sakit selama lebih dari dua minggu, mati rasa atau perasaan aneh di bibir maupun lidah, serta perubahan cara berbicara seperti cadel.

Penyebab kanker mulut adalah human papillomavirus (HPV) yang juga dapat menyebabkan kanker lain, contohnya kanker serviks pada wanita. “Memprihatinkan kanker mulut telah menjadi lebih umum. Tingkat peningkatannya lebih besar pada orang yang lebih muda. Infeksi HPV memainkan peran penting yang pasti," ujar manajer sebuah organisasi kesehatan, Jessica Kirby.

 Baca juga: 10 Resep Infused Water yang Bisa Kamu Bikin Sendiri di Rumah

Menurutnya, sangat penting untuk setiap orang mengenal tubuhnya dalam kondisi normal. Hal ini membantu menemukan penyakit sedini mungkin. Terlebih bila dirinya memiliki faktor risiko. Hingga saat ini salah satu penyebab utama kanker mulut adalah merokok..

 Mulut

Dr Catherine Rutland, Kepala Layanan Dukungan Profesional di Simplyhealth Professionals, menambahkan pentingnya kewaspadaan terhadap segala perubahan di dalam dan sekitar mulut. Selain itu, periksaa gigi secara rutin dapat membantu menemukan kanker mulut lebih awal. Sebab dokter gigi akan memeriksa mulut secara menyeluruh.

 Baca juga: Lihat Lebih Dekat Tiara yang Bikin Maia Estianty bak Putri Kerajaan saat Nikah

"Kanker mulut bisa dikalahkan, tetapi kita harus bertindak cepat. Diagnosis dini sangat penting dan tidak hanya menyelamatkan kehidupan tetapi juga dapat meningkatkan kualitas hidup," ujarnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini