Enak & Mahal, Konsumsi Kacang Mete Bisa Berbahaya kalau...

Annisa Aprilia, Jurnalis · Jum'at 02 November 2018 13:18 WIB
https: img.okezone.com content 2018 11 02 298 1972384 enak-mahal-konsumsi-kacang-mete-bisa-berbahaya-kalau-Xm1f8eQ7Bm.jpg Kacang mete bisa membahayakan jika tidak diolah dengan benar (Foto:Foxnews)

BAHAN makanan bisa didapatkan sumbernya dari binatang dan tumbuhan yang ada di alam sekitar manusia. Ada beragam bahan makanan yang dapat dimakan, beberapa di antaranya bisa langsung dimakan, tapi sebagiannya perlu diolah atau dimasak terlebih dahulu.

Akan tetapi, tidak semua makanan atau kuliner aman bagi tubuh dan kesehatan manusia. Pasalnya, ada pula kuliner yang membahayakan sehingga mengancam nyawa orang yang menikmatinya. Sayangnya, ada beberapa kuliner berbahaya yang sering dijumpai tapi tidak disadari dapat membuat jiwa terancam, dilansir Okezone dari berbagai sumber Jumat (2/11/2018), berikut daftarnya.


5 Aksi Heroik Pilot yang Lakukan Pendaratan Darurat, Salah Satunya di Bengawan Solo

1. Biji buah

Saat makan buah-buahan biasanya kita kerap merasa malas untuk memisahkan atau sekadar membuang bijinya. Padahal, biji buah seperti apel dan ceri mengandung sejenis hidrogen sianida yang disebut asam prussic, maka sebaiknya pisahkan dan tidak perlu hati-hati saat makan buah.


2. Koi pla

Nama kuliner yang satu ini memang cukup jarang didengar, tapi koi pla merupakan salad yang berasal dari Thailand. Terbuat dari ikan mentah yang dicincang, diberi saus salad pedas, air perasan jeruk nipis, dan taburan semut merah yang masih hidup. Menurut data, koi pla dapat menyebabkan kanker hati hingga 50 persen di Thailand.


3. Singkong

Singkong sangat dekat dan sering dikonsumsi oleh masyarakat Amerika, Afrika, dan Asia. Tapi, sayangnya sedikit masyarakat yang tahu jika daun dan umbi singkong mengandung zat yang ketika dimakan dapat memicu produksi sianida, agar zat tersebut hilang singkong harus direndam dalam air, dibilas, keringkan, lalu didinginkan.


4. Pala

Pala memiliki kandungan zat halusinogen, yang bisa menyebabkan halusinasi. Bahkan, jika Anda menggunakan pala dalam masakan sekira 0,2 oz bisa menyebabkan kejang. Lebih dari itu, kalau makan satu buah utuh, maka dapat mengalami nutmeg psychosis, yang dapat mendatangkan kemalangan di masa depan.


5. Madu mentah

Jangan kira mengonsumsi madu mentah lebih sehat, justru sebaliknya. Jika tidak melalui proses pasteurisasi, maka racun grayanotoxin dapat menyebabkan pusing, lemas, keringat berlebih, mual, dan muntah yang bisa berlangsung selama 24 jam.


Celana Dalam Hitam Terpampang! Meghan Markle Kenakan Rok Tembus Pandang

6. Kacang mete

Kacang mete yang mentah jika langsung dikonsumsi dapat membuat alergi. Makanya, kacang mete perlu dikukus terlebih dahulu untuk mengeluarkan urushiolnya, sebab jika tidak maka bisa berakibat fatal.


7. Tomat

Batang dan daun buah tomat mengandung racun alkali yang dapat menyebabkan agitasi lambung. Tidak hanya itu saja, tomat yang masih muda, berwarna hijau, pun memiliki efek yang sama.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini