Rujak Pindang Ikan Khas Thailand, Segarnya Mirip Rujak Juhi dan Rujak Kuah Pindang Bali

Annisa Aprilia, Jurnalis · Jum'at 02 November 2018 14:59 WIB
https: img.okezone.com content 2018 11 02 298 1972426 rujak-pindang-ikan-khas-thailand-segarnya-mirip-rujak-juhi-dan-rujak-kuah-pindang-bali-sr7HlXC7iz.jpg Rujak pindang ikan Thailand (Foto: Panix)

ADA beragam kuliner khas dari tiap negara di dunia. Sebagian di antaranya sudah sangat terkenal hingga ada banyak penjaja dan restorannya di negara yang bukan asalnya , tapi banyak pula di antaranya yang perlu mendatangi langsung negaranya agar bisa menikmati langsung.

Thailand menjadi salah satu negara di Asia yang kerap menjadi tujuan wisata sekaligus kuliner. Selain tidak terlalu jauh dari Indonesia, Negeri Gajah Putih ini juga memiliki daftar jajanan kaki lima yang menggiurkan.

Salah satu kuliner murah meriah ala Thailand dan hanya bisa ditemukan di sana saja, yaitu rujak pindang ikan atau acar ikan salad. Makanan ini termasuk dalam daftar jajanan pinggir jalan, karena dijual menggunakan gerobak sederhana.

BACA JUGA:

5 Aksi Heroik Pilot yang Lakukan Pendaratan Darurat, Salah Satunya di Bengawan Solo

Rujak pindang ikan Thailand kemudian menyita perhatian netizen yang mengikuti akun Instagram seorang culinary expert Indonesia, yaitu William Wongso. Dalam Instagramnya @williamwongso mengunggah sebuah video yang menampilkan pembuatan rujak pindang ikan.

Ditinjau Okezone, Jumat (2/11/2018), video tersebut memperlihatkan cara pembuatan rujak pindang ikan yang langsung dibuat oleh penjajanya yang asli orang Thailand. Pada keterangan lokasi unggahan terlihat penjaja tersebut ditemui William Wongso di Bangkok, Thailand.

Dalam video terlihat beberapa proses pembuatan rujak ikan. Pada detik-detik pertama video di mulai nampak ikan terlebih dulu dipanggang, yang apinya kecil. Langkah selanjutnya, ikan dipisahkan dari tulang-tulang, dan kepalanya.

Proses pun masih berlanjut, daging ikan yang sudah dipisahkan dengan tulang dan kepalanya itu kemudian dimasukkan ke dalam wadah batu. Lalu, ikan beserta sambal yang semula sudah ada di dalamnya ditumbuk jadi satu.

Pada langkah selanjutnya si bapak penjual yang mengenakan kemeja lengan panjang tersebut menambahkan satu sendok penyedap masakan alias micin, satu sendok sayur air berwarna kecokelatan mirip air larutan asam jawa, dan mengiris sebuah jeruk nipis unuk diperaskan airnya kemudian dicampur ke dalam ikan dan sambal.

BACA JUGA:

5 Pesona Patricia Yora, Pilot Muda yang Aduhai

Melihat bahan-bahan rujak pindang ikan Thailand, jadi teringat dua kuliner rujak asal Indonesia yang juga menggunakan sea food, yaitu rujak juhi khas Jakarta yang menggunakan sotong atau cumi-cumi, dan rujak kuah pindang Bali, yang menggunakan kuah pindang sebagai bahan utamanya. Apakah salah satu dari tiga rujak dengan bahan sea food ini sudah ada yang Anda cicipi?

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini