nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bingung Cara Bersihkan Berbagai Koleksi Tas? Coba Tips Berikut Ini

Tiara Putri, Jurnalis · Minggu 04 November 2018 16:02 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 11 03 194 1972967 bingung-cara-bersihkan-berbagai-koleksi-tas-coba-tips-berikut-ini-gdzrdydVv2.jpg Membersihkan Tas. (Foto: Pinterest)

ADA berapa jenis tas yang Anda miliki di rumah? Sudahkah Anda merawat tas-tas tersebut dengan baik? Sebab beda bahan tas, beda pula cara perawatannya.

Bagi Anda yang masih bingung cara merawat tas, jangan khawatir. Okezone telah merangkum berbagai sumber, Minggu (4/11/2018), mengenai cara merawat berbagai jenis tas berdasarkan bahannya. Simak ulasannya berikut ini.

Baca Juga: Celana Dalam Hitam Terpampang! Meghan Markle Kenakan Rok Tembus Pandang

Tas kulit

(Foto: Amazon)

Sebelum membersihkan bagian luar tas, mulailah dengan mengosongkan semua isi kantong. Buka semua ritsleting kemudian goyangkan tas dengan posisi terbalik. Tujuannya untuk menghilangkan kotoran dan sampah. Jika memungkinkan, tarik bagian dalam tas ke luar, gunakan kain basah atau sikat halus untuk menghilangkan debu dan remah-remah.

Langkah selanjutnya adalah membersihkan bagian luar tas. Gosok kulit di bagian luar tas menggunakan kain basah. Gunanya untuk menghilangkan noda di permukaan dengan cepat dan efisien. Setelah kulit bersih, gunakan handuk kering yang lembut untuk menghapus semua kelembapan. Terakhir biarkan kantung dan kulit mengering dalam lingkungan bersuhu ruangan.

Tas kain

Sama seperti tas kulit, langkah pertama untuk membersihkan tas kain adalah mengosongkan isi tas. Langkah-langkahnya bisa diikuti. Untuk bagian luar tas kain, sebaiknya jangan menggunakan mesin cuci atau merendamnya terlalu lama. Lebih baik tas dibersihkan dengan tangan.

Caranya, celupkan tas ke dalam air biasa dan kemudian peras. Bersihkan tas sepenuhnya dari atas ke bawah dengan cara mengucek atau menyikatnya dengan sikat halus

Apabila tas masih tampak kotor, bisa digunakan beberapa tetes deterjen yang dicampur ke dalam 1 liter air. Basahi kain putih dengan campuran tersebut lalu gosok bagian yang sangat kotor dan beralih ke bagian yang kurang kotor. Setelah itu, bilas tas dengan air biasa untuk menghilangkan residu deterjen. Biarkan tas mengering di luar ruangan tapi di tempat sejuk dan jauh dari sinar matahari langsung maupun panas.

Baca Juga: 5 Aksi Heroik Pilot yang Lakukan Pendaratan Darurat, Salah Satunya di Bengawan Solo

Tas anyaman

(Foto: travelandleisure)

Tas anyaman dari jerami, bambu, maupun rotan dapat menarik debu dan kotoran ke bagian celah-celahnya. Untuk menghilangkan debu dan kotoran bisa digunakan penyedot debu. Bisa juga digunakan sikat jok. Sedangkan untuk mengobati area yang sangat kotor di atas anyaman, campurkan beberapa tetes deterjen pencuci piring dalam satu cangkir air hangat.

Selanjutnya, cari sikat gigi bekas dan celupkan ke dalam campuran sabun dan air. Gosok lembut area bernoda dengan sikat gigi mengikuti alur. Terakhir bersihkan area yang digosok dengan kain basah air biasa. Keringkan di luar ruangan namun hindari sinar matahari langsung.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini