nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Baru Pertama Berburu Tas Gunung? Kenali Dulu Jenis-jenisnya

Tiara Putri, Jurnalis · Minggu 04 November 2018 20:02 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 11 03 194 1972993 baru-pertama-berburu-tas-gunung-kenali-dulu-jenis-jenisnya-mechmnk3OA.jpg Ilustrasi. (Foto: Reuters)

SEKARANG ini semakin banyak orang yang senang dengan kegiatan berbau alam seperti naik gunung. Akan tetapi, naik gunung tidak bisa dilakukan secara asal. Perlu dilakukan persiapan yang matang untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Tak hanya sekadar persiapan fisik, keperluan logistik juga harus mendapatkan perhatian. Biasanya logistik akan diletakkan di dalam tas khusus naik gunung. Namun tas itu banyak jenis dan fungsinya. Supaya tidak salah kaprah, ada baiknya mencari tahu lebih dulu.

Merangkum berbagai sumber, Minggu (4/11/2018), berikut ulasan Okezone tentang berbagai jenis tas gunung dan fungsinya agar para pendaki tidak salah memilih tas:

Baca Juga: 5 Aksi Heroik Pilot yang Lakukan Pendaratan Darurat, Salah Satunya di Bengawan Solo

 

Backpack

(Foto: Kelty)

Tas ini bisa dikatakan sebagai ransel. Beberapa orang memang ada yang naik gunung dengan tas ransel. Hanya saja muatan untuk tas ini tidak terlalu banyak. Paling bisa sampai 3-4 pasang baju. Selain itu, sulit membuat tas diisi dengan bahan makanan.

Daypack

(Foto: Switchback Travel)

Jenis tas gunung yang satu ini hampir sama dengan carrier, namun dalam ukuran yang lebih kecil. Para pendaki yang ingin lebih santai biasanya memilih membawa tas ini karena tidak membawa perlengkapan yang begitu banyak. Ukuran daypack bisa muat hingga 15-35 liter.

Semi carrier

(Foto: Rei)

Tas gunung yang satu ini memudahkan pendaki untuk mengambil barang di dalam dari bagian tengah. Biasanya semi carrier dilengkapi dengan berbagai kantung yang dapat dimanfaatkan untuk menyimpan berbagai barang.

Baca Juga: Celana Dalam Hitam Terpampang! Meghan Markle Kenakan Rok Tembus Pandang

Rucksack

(Foto: Ali Express)

Bagian penutup tas ini adalah tali serut. Bentuk dan ukurannya hampir sama seperti carrier, yang membedakan adalah bagian penutupnya. Hal ini membuat pendaki bisa membawa lebih banyak barang termasuk perlengkapan logistik atau bahkan tenda.

Carrier

Secara khusus tas gunung yang satu ini didesain untuk membawa barang banyak dan berat. Ketika memanggul, tas ini juga didesain agar penggunanya tidak mudah lelah. Sebab di dalamnya diisi busa hingga aluminum untuk menyangga. Ukurannya yang besar dari 40-100 liter membuat carrier dapat diisi perlengkapan naik gunung hingga 4 hari. Mulai dari pakaian, bahan logistik, hingga tenda.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini