Perlu Waspada, Barang-Barang Sepele Ini Bisa Jadi Pemicu Kebakaran di Rumah

Noor Chotijah , Jurnalis · Sabtu 03 November 2018 20:39 WIB
https: img.okezone.com content 2018 11 03 196 1972944 perlu-waspada-barang-barang-sepele-ini-bisa-jadi-pemicu-kebakaran-di-rumah-nBNyn5iUap.jpg Benda-benda rawan terbakar (Foto: Shared)

BENCANA kebakaran sering melanda beberapa tempat di Indonesia terutama pada kota-kota dengan kepadatan rumah yang cukup tinggi sehingga memicu terjadinya kebakaran besar. Setidaknya harus memasang alarm, atau lebih waspada akan risiko ini apalagi jika rumah sering sekali ditinggal pergi.

Penyebab kebakaran dalam rumah sangat mudah terjadi karena benda-benda yang sering digunakan sehari-hari, bila lalai saat menggunakannya.

Saat ini jangan pernah sepelekan benda-benda kecil yang dapat melahap rumah. Maka dari itu Okezone kali ini akan merincikan benda apa saja sih, dilansir dari Shared, (3/11/2018).

BACA JUGA:

 5 Aksi Heroik Pilot yang Lakukan Pendaratan Darurat, Salah Satunya di Bengawan Solo

Gelas dan furnitur kaca

 

Saat membeli barang yang disukai, tanpa berpikir panjang ternyata benda yang kita sayangi bisa menyebabkan bahaya besar. Hal ini ternyata cukup serius bahwa departemen kebakaran sekarang telah memperingatkan tentang risiko benda kaca.

Seperti pantulan disebabkan dari gelas atau furnitur kaca, dekat dengan benda yang mudah terbakar. Maka dari itu kamu harus lebih berhati-hati untuk meletakannya jauh dari pantulan sinar matahari langsung, atau berada di dekat jendela.

Lampu pijar


Menurut Departemen Kebakaran Albany, mengatakan 12% kebakaran rumah tangga disebabkan karena lampu yang tak pernah dikontrol pemakaiannya. Karena kaca dari lampu jadul ini lebih cepat mengalami panas, jika dinyalakan berjam-jam.

Agar mengurangi risiko kebakaran yang disebabkan oleh lampu ini dengan membeli pelindung untuk cahaya, atau beralih ke lampu hemat energi, yang cenderung tidak mudah panas dan kurang berbahaya.

Lampu pada pohon natal


Bencana kebakaran sering terjadi ketika Natal telah tiba, karena hiasan banyak lampu untuk mendekorasi rumah hingga pohon Natal dinyalakan secara serentak. Semua bahan yang dipakai sangat rentan saat tingkat kepanasan telah terjadi.

Jangan sampai saat hari menyenangkan seketika berubah menjadi bencana besar. Mengurangi pemakaian lampu untuk hiasan mungkin bisa digantikan dengan yang lain, sehingga dekorasi rumah dan pohon Natal masih terlihat indah.

Kompor yang kotor

 

Kebersihan kompor sering disepelekan, kelembapan dari kotoran sisa masakan menempel pada bagian atas atau bawah kompor adalah minyak dan sisa-sisa bahan masakan yang terselip, bahkan menyumbat aliran api dari sumbu dan juga gas. Tetap jaga kebersihan pada kompor dirumah, agar tidak menimbulkan kebakaran.

Debu

 

Debu yang tebal di dekat saluran listrik, sampai belakang TV Anda pasti banyak kabel bersilangan, hal itu memiliki risiko terbesar terkait dengan api atau kebakaran. Cukup berhati-hati selalu membersihkan debu di sekitar sumber listrik atau perangkat lainnya demi keamanan dan kesehatan anggota keluarga.

BACA JUGA:

 Yuk Berburu Tas-Tas Murah di Jakarta, Tak Kalah dari yang Branded Loh!

Baterai

 

Jangan simpan batrai di dalam laci bawah TV, atau lemari dekat dengan sumber listrik. Rapihkan semua batrai tersebut dengan menutup bagian ujungnya dengan pita, agar tidak bergesekan langsung pada benda yang bahaya.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini