nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Noken Anggrek, Tas Tradisional Papua nan Cantik Seharga Motor

Dewi Kania, Jurnalis · Minggu 04 November 2018 21:23 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 11 04 194 1973216 noken-anggrek-tas-tradisional-papua-nan-catik-seharga-motor-9G0Goa3maf.jpg Noken Anggrek. (Foto: NokenPapuaShop)

PERNAH dengan Noken? Tas tradisional dari Papua yang jadi incaran banyak orang. Malahan ada satu jenis noken dipatok sangat Mahal seharga motor lho!

Noken anggrek sebutannya, tas cantik dan etnik handmade mama-mama Papua. Desain tasnya sungguh unik dan beda dari noken-noken lainnya.

Tas ini memang terlihat elegan dari yang lainnya. Bagaimana tidak, bahan noken anggrek sangat langka, karena didapatkan di pedalaman hutan Papua yang sulit dijangkau.

Baca Juga: Celana Dalam Hitam Terpampang! Meghan Markle Kenakan Rok Tembus Pandang

Noken cantik ini dibuat dari serat tanaman anggrek hutan yang indah sekali, terutama dari kulit kayu, batang, malah ada sebagian dari bunga kering. Anda wajib tahu, malahan kalau perlu punya koleksi tasnya.

Untuk mencari serat tanaman anggreknya saja tidak butuh waktu singkat. Orang-orang di sana rela menginap di hutan selama berhari-hari untuk mendapat bahan berkualitas.

Belum lagi pembuatan noken yang lumayan rumit dan butuh proses lama. Pastinya serat tanaman itu dijemur sampai kering supaya mudah dirajut. Kemudian satu per satu, tas dirakit secara handmade, juga butuh ketelitian.

Bagaimana tidak, harga tas ini dibanderol mulai Rp8 jutaan, malah ada yang lebih mahal hingga Rp24 jutaan. Tapi yang jelas, model dan kualitasnya berkelas.

Daripada memilih tas merek luar, noken anggrek tak kalah stylish. Tas ini juga punya filosofi kuat, khususnya bermakna bagi masyarakat Papua.

Baca Juga: 5 Aksi Heroik Pilot yang Lakukan Pendaratan Darurat, Salah Satunya di Bengawan Solo

Noken melambangkan kedewasaan seseorang, karena harus hidup mandiri dan bekerja mencari nafkah. Sementara noken memang dipakai untuk berburu dan membawa benda-benda yang dibutuhkan untuk "bekerja".

Menariknya, noken kuat membawa beban sampai ratusan kilogram. Malahan perempuan Papua senang mengenakan noken ini untuk menggendong anaknya lho. Nah, tertarikkah untuk memiliki?

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini