nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Romantis, Panda Menyanyikan Lagu Cinta saat Berhubungan Intim

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 06 November 2018 06:08 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 11 05 196 1973664 romantis-panda-menyanyikan-lagu-cinta-saat-berhubungan-intim-ohrKtKisuK.jpg Kebiasaan Panda Bernyanyi saat Bercinta (Foto: Nypost)

SAMA halnya dengan manusia, hewan mamalia berkembang biak dengan cara kawin atau melakukan hubungan seksual. Masing-masing hewan tersebut memiliki cara unik ketika hendak bercinta. Salah satunya panda. Hewan bertubuh besar dengan warna kulit yang khas itu ternyata memiliki cara unik. Hal ini diungkapkan oleh peneliti dari China dan Amerika Serikat. Mereka melakukan penelitian terhadap 23 panda raksasa yang aktif secara seksual dari Sichuan, China. Penelitian dilakukan selama musim kawin sejak 2016 hingga 2018.

Baca juga: Disajikan Nyeleneh, Baru Dilihat 5 Makanan Ini Sudah Bikin 'Kenyang'

Para panda disimpan dalam semacam kandang khusus untuk melakukan hubungan seksual. Hewan yang miliki lingkaran mata hitam ini diperkenalkan one-night stand oleh para peneliti. Selama 2 tahun mengintai aktivitas panda saat bercinta, peneliti merekam vokalisasi panda ketika bercinta.

Kemudian peneliti melakukan analisis di laboratorium. Hasilnya, peneliti menemukan sesuatu yang luar biasa romantis ketika panda sedang bercinta. Percaya atau tidak, panda jantan akan menyanyikan lagu-lagu cinta kepada panda betina sebelum hubungan seksual dilakukan. Lagu tersebut dinyanyikan dengan cara dibisikkan ke telinga.

Peneliti menyimpulkan lagu diperlukan panda untuk mencapai sinkronisasi perilaku serta memberi sinyal ingin kawin. Lagu-lagu tersebut juga dinyanyikan saat hubungan intim tengah berlangsung. Bahkan bisa menjadi pertanda tentang tindakan panda. Dari hasil penelitian terungkap, lagu-lagu yang diidentifikasi sebagi bleats, chirps, moans, barks, dan roars merupakan pertanda seks akan menjadi kasar dan dapat membuat salah satu panda mengalami cedera serius atau bahkan terancam nyawanya. 

Hasil penelitian yang dipublikasikan di Royal Society Open Science ini merekomendasikan pengasuh hewan harus dilatih untuk mengenali perilaku vokal dari panda. Gunanya untuk memprediksi keberhasilan bercinta atau kemungkinan bahaya. Demikian seperti yang dilansir Okezone dari New York Post, Selasa (6/11/2018).

(ren)

Berita Terkait

Hewan Panda

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini