nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Resep Nasi Bakar Cumi Sambalado untuk Makan Malam Spesial Bersama Keluarga, Yummy!

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Senin 05 November 2018 18:45 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 11 05 298 1973634 resep-nasi-bakar-cumi-sambalado-untuk-makan-malam-spesial-bersama-keluarga-yummy-lx9naW1LI2.jpg Nasi bakar cumi sambalado (Foto: @yunirahmadaniramli/Instagram)

BUNDA, hari ini mau masak apa untuk menu makan malam? Kalau masih bingung memilih menunya, sekali-kali coba masak makanan dengan bahan utama cumi yuk. Nah, dari sekian banyak resep olahan cumi, ada satu resep praktis yang bisa Anda kreasikan di rumah yakni, nasi bakar cumi sambalado.

Selain praktis, hidangan inij juga disajikan dengan nasi putih dan sambal, sehingga momen makan malam pun menjadi lebih nikmat dan menyenangkan. Bisa jadi pilihan yang tepat bagi Anda yang menyukai hidangan bercita rasa pedas.

Tak perlu basa-basi lagi, berikut Okezone rangkumkan resep lengkap nasi bakar cumi sambalado untuk menu makan malam spesial di rumah. Sajikan selagi hangat agar rasanya lebih nendang. Sebagaimana dikutip dari akun Instagram @yunirahmadaniramli, Senin (5/11/2018).

Bahan nasi bakar:

300 gr beras

minyak goreng

500 ml santan

2 batang serai, ambil putihnya, memarkan

3 daun salam

5 daun jeruk

Garam secukupnya

Bumbu dihaluskan:

3 siung bawang putih

5 buah bawang merah

Bahan cumi sambalado:

500 gr cumi basah

1 buah jeruk nipis, ambil airnya

5 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya, sobek kasar

Garam dan gula pasir secukupnya

1 papan pete, kupas

Bumbu dihaluskan:

9 buah bawang merah

5 siung bawang putih

15 buah cabai merah

1 buah tomat

Bahan lainnya:

Daun pisang secukupnya

10 buah cabai rawit dan 1 ikat kemangi

Baca Juga: Intip 5 Gaya Suami Maia Estianty, Irwan Mussry Kulineran, Doyan Santap Makanan Jepang Lho!

Cara membuat:

1. Nasi bakar : Cuci bersih beras, sisihkan. Tumis bumbu halus sampai harum, masukkan santan dan sisa bahan, aduk rata. Masukkan beras, masak sambil diaduk sampai santan menyusut. Pindahkan nasi ke dalam rice cooker, masak sampai matang;

2. Cumi Sambalado : Cuci bersih cumi, potong ring, buang tinta dan plastiknya, lalu beri perasan jeruk nipis. Diamkan selama 15 menit, cuci bersih. Tumis bumbu halus sampai harum, masukkan daun jeruk garam, gula dan pete. Angkat;

3. Penyajian : Ambil daun pisang, beri nasi dan 1 sdm cumi sambalado. Bungkus rapi. Lakukan sampai nasi habis, Bakar nasi hingga harum. Angkat, Sajikan.

nasi bakar

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini