Hidung Tersumbat? Jangan Memaksa Keluarkan Lendir Terlalu Keras, Ini Akibatnya!

Tiara Putri, Jurnalis · Senin 05 November 2018 14:29 WIB
https: img.okezone.com content 2018 11 05 481 1973499 hidung-tersumbat-jangan-memaksa-keluarkan-lendir-terlalu-keras-ini-akibatnya-Vt0EuunDZT.jpg Ilustrasi (Foto: Mirror)

KETIKA terserang pilek atau flu, kondisi hidung menjadi tidak nyaman. Mulai dari meler, hidung mampet, hingga sulit bernapas. Bila sudah begitu, kebanyakan dari kita akan berusaha membuat hidung 'lega' kembali.

Ada yang memilih menghirup aroma tertentu atau bahkan memaksa hidungnya untuk mengeluarkan lendir. Untuk cara yang satu itu tidak disarankan karena dapat memperburuk kondisi hidung. Bahkan dapat memunculkan masalah baru.

Memang, rasa tersumbat di lubang hidung terjadi karena adanya lendir sehingga dianggap harus dikeluarkan. Akan tetapi, sebagian besar itu adalah tanda saluran hidung sedang bengkak dan meradang. Menurut dokter umum Lucy Belton, meniup hidung dengan keras atau berusaha mengeluarkan lendir bukanlah ide yang baik.

"Hal itu dapat mengiritasi bagian dalam hidung serta merusak lapisan hidung dan sinus. Ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan berpotensi membuat seseorang lebih rentan terhadap sesuatu seperti sinusitis," ujar Lucy seperti yang dikutip Okezone dari Mirror, Senin (5/11/2018).

flu mampet

Seorang ahli bedah juga mengatakan meniup hidung dengan keras dapat memberikan paksaan terhadap saluran udara yang terhubung ke telinga dan mata kita. Dengan begitu menyebabkan lebih banyak rasa sakit. Beruntung ada beberapa langkah mudah yang bisa dilakukan untuk mengatasi hidung tersumbat.

Berikut ulasannya :

1. Tekan jari pada salah satu lubang hidung hingga terasa lega. Kemudian buang lendir dengan lembut menggunakan tisu. Ini akan membantu membersihkan lendir di lubang hidung. Ulangi pada lubang yang lain bila tersumbat juga.

2. Apa pun yang hendak dilakukan, hindari meniup keras hidung untuk membersihkan lendir. Inilah yang akan memperburuk gejala dan berpotensi menyebabkan masalah baru.

3. Gunakan obat-obatan tertentu. Obat dekongestan atau pengukus hidung dapat membantu meredakan gejala. Sementara obat anti-inflamasi seperti Ibuprofen dapat meringankan pembengkakan dan rasa sakit.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini