nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dapat Berakibat Fatal, 3 Kondisi Mental yang Harus Segera Konsultasi dengan Psikolog

Lifia Mawaddah Putri, Jurnalis · Selasa 06 November 2018 07:25 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 11 05 481 1973636 dapat-berakibat-fatal-3-kondisi-mental-yang-harus-segera-konsultasi-dengan-psikolog-B7zpjrPi49.jpg Ilustrasi depresi (Foto: Healthyplace)

HIDUP pasti memiliki tantangan. Namun, tidak semua orang bisa menjalani setiap tantangan dalam hidupnya dengan mudah. Banyak sekali orang yang tidak dapat menangani masalahnya dengan baik sehingga berdampak pada kesehatan mental mau pun fisiknya.

Atau bahkan, orang yang sangat putus asa dan merasa tidak dapat menyelesaikan masalahnya dapat membuatnya ingin bunuh diri. Maka dari itu, ada saat dimana Anda membutuhkan bantuan seorang psikolog untuk menangani masalah tersebut.

Terkadang, mungkin Anda tidak sadar bahwa sebenarnya kesehatan mental Anda sedang terganggu. Kesehatan mental memang sedikit sulit untuk dideteksi. Namun, penting bagi Anda untuk mengetahui kapan harus berkonsultasi dengan psikolog.

Karena, psikolog mungkin dapat membantu untuk merilekskan kembali mental Anda dan membantu mencari jalan keluar dari masalah yang sedang dihadapi. Dilansir dari Healthline, Selasa (6/11/2018), jika Anda sudah mengalami tanda-tanda berikut ini, segeralah mengunjungi psikolog untuk berkonsultasi.

BACA JUGA:

 Ini 4 Boneka Berhijab, Dari Mulai Atlet hingga Bisa Mengaji

Stres dan cemas

Jika permasalahan yang sedang Anda alami membuat merasa stres dan cemas secara berlebihan, maka Anda harus segera berkonsultasi dengan psikolog. Karena, stres dan cemas jika dibiarkan dapat menyebabkan Anda cenderung untuk mengisolasi diri dari lingkungan sosial. Dan hal ini dapat menyebabkan depresi juga masalah lainnya.

Seorang psikolog dapat membantu Anda untuk menangani stres dan cemas yang dirasakan dengan menemukan penyebab masalah yang sedang Anda hadapi. Selain itu, psikolog juga dapat membantu Anda untuk mengatasi dan menangani masalah juga perasaan stres dan cemas.

 

(Foto: Ilustrasi sedih: Shutterstock)

Depresi

Terlalu banyak perasaan tidak berdaya atau putus asa adalah tanda-tanda umum dari depresi. Depresi adalah gangguan umum di mana seseorang menjadi kehilangan minat dalam melakukan sesuatu atau pada segala hal, mengalami kelelahan dan sering mengalami kesulitan mengendalikan emosi mereka.

BACA JUGA:

 Gaya Pertama Cut Meyriska Berhijab, Bikin Jatuh Hati!

Fobia akut

Memiliki takut ketinggian atau takut pada laba-laba adalah fobia yang umum dialami. Tetapi ada beberapa ketakutan yang tidak biasa dan tidak berdasar dapat menciptakan masalah besar dalam hidup Anda. Misalnya, sitofobia (takut makan) dapat menyebabkan masalah yang serius bagi diri orang tersebut.

Bisa jadi pula, fobia-fobia ini muncul berdasarkan masalah yang sedang Anda alami. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk berkunjung ke psikolog. Karena, psikolog dapat membantu Anda untuk menghilangkan fobia tersebut.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini