nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Perempuan Alami Keputihan Selama Menstruasi, Normalkah?

Tiara Putri, Jurnalis · Selasa 06 November 2018 01:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 11 05 485 1973680 perempuan-alami-keputihan-selama-menstruasi-normalkah-9XYYbf3vXf.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

KEPUTIHAN adalah hal yang lumrah terjadi pada setiap perempuan. Kondisi ini terkait dengan perubahan hormon dan siklus menstruasi. Biasanya keputihan terjadi menjelang atau setelah menstruasi.

Tidak perlu ada yang dikhawatirkan dengan keputihan. Sebab keputihan merupakan kombinasi dari penumpahan lapisan Miss V serta pelumas alami yang diproduksi oleh Miss V dan vulva. Keputihan baru tidak wajar apabila berbau, berwarna, dan menimbulkan rasa nyeri. Bila ditemukan kondisi seperti itu, barulah konsultasi ke dokter.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Okezone dari Bustle, Selasa (6/11/2018), keputihan dapat terjadi sebanyak 4 kali. Pertama, selama periode menstruasi. Ya, kondisi ini mungkin jarang disadari. Sebab biasanya keputihan bercampur dengan darah yang berwarna merah sehingga tidak terlihat.

ilustrasi miss v

Kedua, beberapa hari setelah periode menstruasi. Biasanya keputihan akan mengeluarkan cairan kecoklatan yang sering menjadi tanda akhir menstruasi. Kemudian keputihan seakan tidak muncul lagi selama beberapa hari sehingga perempuan menemukan celana dalamnya 'kering' karena tidak ada cairan yang keluar.

Baca Juga: Gaya Pertama Cut Meyriska Berhijab, Bikin Jatuh Hati!

Selanjutnya, keputihan bisa terjadi sebelum dan selama ovulasi. Beberapa hari sebelum ovulasi, tubuh perempuan mematangkan sel telur. Di waktu ini, kemungkinan keputihan berwarna kuningan, putih, atau menggumpal. Bisa juga terasa lengket. Selain itu, tepat sebelum ovulasi, mungkin beberapa hari keputihan terlihat bening dan licin seperti putih telur.

Terakhir, keputihan terjadi setelah ovulasi terjadi. Setelah ovulasi, tubuh akan melakukan kebalikan dari penyebab ovulasi. Kemungkinan keputihan berwarna putih atau kuning. Kemudian beberapa hari kering menjelang menstruasi. Beberapa perempuan juga mengalami peningkatan jumlah cairan keputihan yang cenderung menggumpal sebelum menstruasi dimulai.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini