nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mengandung Alkohol Apakah Toner Aman untuk Kulit Wajah? Ini Penjelasannya

Lifia Mawaddah Putri, Jurnalis · Senin 05 November 2018 11:42 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 11 05 611 1973401 mengandung-alkohol-apakah-toner-aman-untuk-kulit-wajah-ini-penjelasnnya-trUzl1Ix4E.jpg Toner untuk perawatan kulit wajah (Foto:Ist)

WANITA tentu selalu menginginkan wajah yang cantik juga kulit yang indah. Karenanya, wanita sering menggunakan produk-produk kecantikan dan kesehatan kulit untuk membuat penampilan mereka lebih menarik sekaligus tetap menjaga kesehatan kulit. Salah satu produk yang mungkin sering digunakan oleh para wanita adalah toner.

Namun sebenarnya apakah toner benar-benar berguna bagi kesehatan kulit wajah? Dilansir Okezone dari Popsugar, Senin (5/11/2018), seorang dokter kulit klinis dan konsultan, Dr. Sejal Shah, mengatakan bahwa “Selama beberapa tahun terakhir, toner telah mengalami metamorfosis. Toner yang lama memiliki efek pengeringan ekstrem dalam produknya. Sementara toner yang baru diformulasikan untuk menyeimbangkan kembali kulit setelah dibersihkan, mempersiapkan kulit untuk produk yang akan digunakan setelahnya, bahkan dapat mengatasi beberapa masalah kulit,”

Toner sendiri dalam pengertian tradisional adalah formula cairan asam yang memiliki kandungan alkohol tinggi dan dibuat untuk membantu membersihkan kulit lebih lanjut. Namun, karena produk ini telah berevolusi, definisi toner menjadi berubah.

 Tren Aksesori Aneh, Muncul Kalung dari Tali Pusar! Berani Coba?

Ada banyak ahli yang merekomendasikan klien mereka untuk menggunakan toner. Direktur operasi perawatan Skin Laundry, Elyse Shelger, RN, berpendapat bahwa “Toner dapat membantu menghilangkan kelebihan minyak dan make-up dari kulit setelah dibersihkan. Tidak peduli seberapa bagus sabun muka yang digunakan, pasti selalu ada sisa minyak yang tertinggal, yang dapat dengan mudah dihapus dengan kapas dan toner,”

Manfaat lain dari menggunakan toner adalah dapat membantu menyeimbangkan tingkat Ph kulit Anda. Tingkat pH mempengaruhi kemampuan alami kulit Anda untuk melawan bakteri. Seiring bertambahnya usia, kulit akan menjadi lebih asam. Sehingga segala sesuatu yang menyentuh kulit dapat mengganggu tingkat pH alami kulit.

 Intip 5 Gaya Suami Maia Estianty, Irwan Mussry Kulineran, Doyan Santap Makanan Jepang Lho!

Secara keseluruhan, ahli perawatan kulit merekomendasikan bahwa seseorang mulai menggunakan toner untuk perawatan kulit mereka ketika kulit semakin berminyak. Entah hal itu disebabkan karena pubertas, fluktuasi hormon, atau tekanan lingkungan. Jadi, akan lebih baik bagi seseorang untuk menggunakan toner ketika sudah melewati masa pubertas.

Meskipun ada banyak pendapat yang berbeda mengenai apakah toner diperlukan dan apa sebenarnya definisi toner, semua ahli perawatan kulit setuju bahwa ada satu bahan yang harus dihindari ketika membeli toner yaitu alkohol. Alkohol harus dihindari karena dapat mengeringkan kulit wajah, menyebabkan iritasi, dan menghambat kemampuan kulit untuk menyembuhkan dirinya sendiri.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini