nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tak Hanya untuk Aromaterapi, Ini Segudang Fungsi dari Minyak Esensial

Pradita Ananda, Jurnalis · Senin 05 November 2018 21:28 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 11 05 611 1973648 tak-hanya-untuk-aromaterapi-ini-segudang-fungsi-dari-minyak-esensial-TeLY6wbm1f.jpg Minyak Esensial (Foto: Besthealthmag)

KEHADIRAN akan minyak esensial, atau minyak atsiri memang bukanlah sesuatu yang baru. Di mana seiring dengan ketenaran yang meningkat, semakin banyak orang yang sudah familiar dengan essential oil ini.

Soal pemakaian, minyak esensial biasanya digunakan sebagai aromaterapi atau merawat kecantikan. Akan tetapi tahukah Anda, minyak atsiri bisa dimanfaatkan dengan banyak cara untuk pemakaiannya di rumah mulai dari aspek bersih-bersih sampai menyegarkan cucian di rumah.

Penasaran seperti apa cara tak terduga memanfaatkan minyak esensial di rumah? Baca dulu yuk pemaparan tujuh cara-caranya di bawah ini, sebagaimana dilansir Popsugar, Senin (5/11/2018).

 BACA JUGA:

Gaya Pertama Cut Meyriska Berhijab, Bikin Jatuh Hati!

Di mesin vacuum cleaner

Penyedot debu di rumah dapat bekerja dengan fungsi ganda, tidak hanya membersihkan ruangan di rumah dengan menyedot tumpukan debu yang ada, tetapi juga bisa berfungsi penyegar ruangan. Cukup tambahkan dua atau tiga tetes minyak esensial lavender ke filter, tas, atau tabung, lalu vakum seperti biasa. Seluruh ruangan akan terasa segar ketika sudah selesai divakum.

Roll tisu toilet

Lupakan penyegar udara klasik dengan cara menaruh mangkuk bunga rampai di toilet. Untuk menjaga kamar mandi tetap beraroma segar adalah memanfaatkan beberapa tetes minyak esensial favorit, saat mengganti gulungan tisu toilet, cukup teteskan dua atau tiga tetes pada gulungan karton tisu untuk menghasilkan aroma yang ringan dan menyegarkan di kamar mandi.

 

Mesin cuci

Sebagai catatan, mesin cuci di sini maksudnya adalah mesin cuci dengan tabung bundar di bawah. Cobalah gunakan bola pengering wol yang dapat digunakan kembali, lalu beri tetesan sebanyak minimal lima atau lebih minyak esensial Geranium yang halus untuk menghasilkan aroma yang lembut.

Cairan pembersih serbaguna 

Mau produk pembersih yang ramah lingkungan? Cobalah semprotan pembersih serba guna yang alami satu ini. Dengan cara mencampurkan cairan cuka putih dengan air (dalam rasio yang sama) dengan 20 tetes minyak esensial lemon dalam botol semprot. Kocok, lalu semprotkan pada segala sesuatu mulai dari meja dapur hingga countertops kamar mandi untuk membersihkannya dengan cepat.

 

Penyegar karpet

Tidak perlu membersihkan karpet setiap kali karpet mulai sedikit kotor. Coba trik mudah satu ini, agar bisa membuat karpet jadi lebih segar jika sedang dalam keadaan darurat. Campurkan 360 gram baking soda dan 30 tetes minyak esensial favorit (disarankan lemon, lavender, dan pine). Taburkan ke seluruh bagian karpet dan permadani, tunggu selama dua jam lalu vakum untuk menghilangkan bau yang tidak diinginkan.

Penghilang noda

Untuk menghilangkan noda, disebutkan minyak esensial lemon bisa bekerja lebih baik daripada minyak esensial lain. Sebagai penghilang noda, cukup balurkan beberapa tetes minyak lemon ke area yang terkena noda, gosokkan dengan jari, kemudian baru cuci bersih di mesin cuci. Sebagai pengingat, sebelum menggunakan trik ini pada kain berwarna putih, coba uji dulu di kain yang tidak mencolok, mengingat minyak ini mempunyai warna yang sangat pucat.

BACA JUGA:

 Rangkaian Janur Kuning Menyita Perhatian Dunia

Pengharum ruangan

Menggantung penyegar udara bukan hanya untuk mobil, tetapi bisa juga di ruangan-ruangan di rumah termasuk di ruangan kecil yang mana sedikit sulit untuk dipasang diffuser ukuran penuh. Sebagai pengharum ruangan, potong sepotong kain felt (kain tebal dari bulu halus) atau kain bahan lain ke dalam bentuk apa pun sesuai selera. Kemudian semprot dengan minyak esensial atau campuran beberapa minyak esensial favorit. Aromanya mungkin memang tidak terlalu kuat, tetapi bisa cepat menghilangkan bau apak atau lapuk di ruangan.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini