nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bayi Ternyata Perlu Menggunakan Tabir Surya, Terutama yang Kulitnya Sensitif

Tiara Putri, Jurnalis · Selasa 06 November 2018 05:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 11 05 611 1973723 bayi-ternyata-perlu-menggunakan-tabir-surya-terutama-yang-kulitnya-sensitif-yi8Dg3j2xQ.jpg Kulit sensitif bayi (Foto: Pixabay)

RUAM susu merupakan salah satu masalah kulit yang sering terjadi pada bayi. Biasanya ditandai dengan bercak putih di bagian pipi. Beberapa orang menyebut kondisi ini terjadi karena pipi terkena ASI atau susu. Padahal tidaklah demikian.

"Bercak putih adalah salah satu tanda seseorang punya kulit sensitif, tidak ada hubungannya dengan susu. Kondisi ini terjadi karena reaksi tidak normal pada kulit yang ada eksim terhadap penyinaran matahari di area yang tidak tertutup baju. Kalau anak orang lain menghitam, anak yang kulitnya sensitif timbul bercak putih," ujar dokter spesialis kulit dan kelamin, dr Srie Prihianti Sp.KK, PhD, FINSDV, FAADV.

Baca juga: Gaya Hangout Maia Estianty, Senang Temani Anak-Anaknya Kencan!

Ditemui Okezone dalam sebuah acara, Senin (5/11/2018) di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, dokter yang akrab disapa Yanti itu menuturkan ruam susu bisa hilang sendiri tanpa diobati. "Kuncinya harus pakai tabir surya. Bayi di atas 6 bulan sudah boleh pakai tabir surya, yang untuk anak ya karena kandungannya beda dengan kulit dewasa," tuturnya.

Selain untuk bayi kulit sensitif, penggunaan tabir surya juga disarankan untuk bayi lainnya. Mengingat setiap orang dapat terpapar sinar matahari. Lebih lanjut dr Yanti menuturkan bila tidak ada tabir surya khusus untuk bayi, melainkan hanya buat anak dan dewasa.

Bayi disarankan menggunakan tabir surya untuk anak karena ada perbedaan kandungan yang lebih aman untuk kulit. "Perbedaan tabir surya hanya di isinya, kandungan UV filter. Kalau untuk anak-anak biasanya tidak mengandung chemical," tutur dr Yanti.

Dijelaskan olehnya, UV filter terbagi menjadi dua yaitu chemical dan psychical. UV filter chemical biasanya digunakan untuk tabir surya orang dewasa karena fungsinya masuk ke kulit dan menyerap sinar. Sedangkan UV filter psychichal hanya berada di atas kulit sehingga memantulkan sinar.

"Biasanya kalau untuk anak-anak tabir suryanya mengandung UV filter yang psychical, tidak ada yang chemical. Selain itu, direkomendasikan untuk menggunakan tabir surya dengan SPF 30 sehari-hari. Oleskan di semua area yang tidak tertutup baju dan gunakan 20-30 menit sebelum beraktivitas," pungkas dr Yanti.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini