nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

CPNS Tidak Lolos Tes Kepribadian, Jangan Dianggap Gagal

Dewi Kania, Jurnalis · Selasa 06 November 2018 09:38 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 11 06 196 1973856 cpns-tidak-lolos-tes-kepribadian-jangan-dianggap-gagal-iVGU7uV5XM.jpg Tes Masuk CPNS (Foto: Pixabay)

Setelah hari pertama tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), jadi euforia khusus yang dirasakan banyak peserta. Mereka telah mengikuti berbagai tahapan, salah satunya adalah tes kepribadian.

Namun pasti ada peserta yang tidak lolos tes kepribadian itu, sehingga mengakibatkan kekecewaan. Padahal jangan diambil pusing lho.

Baca juga: Gaya Hangout Maia Estianty, Senang Temani Anak-Anaknya Kencan!

Psikolog Sani Budiantini membeberkan, tidak lolos tes kepribadian bukan berarti gagal. Ada hal lain yang menunjukkan bahwa Anda tidak cocok menjalani pekerjaan tersebut, berdasarkan perilaku dan bekal kepribadian dasar.

"Sebenarnya bukan gagal. Tapi tes kepribadian itu untuk melihat kecocokan dengan karakter jobnya, tentunya orang yang dipilih ya harus cocok," ujarnya saat dihubungi Okezone, Senin 5 November 2018.

Dia menambahkan, saat peserta menjalani tes kepribadian, biasanya ada soal yang menjurus pada penilaian percaya diri seseorang, kepatuhan, ketekunan, dan sebagainya.

Sani menyebutkan bahwa, tes kepribadian yang dijalani CPNS hampir sama saat melamar sebagai pekerja swasta. Namun memang penilaiannya berbeda, karena disesuaikan dengan pekerjaan yang diinginkan.

"Pasti tesnya dilihat karakter orangnya, dinilai daya tahan terhadap stres, kepatuhan, detail pekerjaan (ketelitian), kecepatan kerja, ketekunan, dan lain sebagainya," terang Sani.

Meski nantinya gagal, sebaiknya Anda jangan kecewa, sedih atau malah putus asa. Tetap semangat!

Memang pada dasarnya jadi satu keberuntungan jika Anda lolos tes di semua tahap. Kemudian, berhasil meraih pekerjaan yang diimpikan di instansi pemerintahan yang sudah terjamin. Diri sendiri dan keluarga juga pasti bangga dong!

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini