nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ramai Maskapai Bawa Durian 3 Ton, Ini Tips Kemas Durian agar Baunya Tidak Menyengat

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 06 November 2018 17:41 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 11 06 298 1974117 ramai-maskapai-bawa-durian-3-ton-ini-tips-kemas-durian-agar-baunya-tidak-menyengat-1Bha6L2EH6.jpg Tips kemas buah durian (Foto:Lifehack)

DURIAN merupakan salah satu buah eksotis yang cukup digemari oleh orang-orang yang tinggal di kawasan tropis seperti, Indonesia, Thailand, dan sejumlah negara di Asia Tenggara. Meski menyuguhkan sensasi rasa manis yang khas, aroma durian yang sangat menyengat membuat sebagian orang enggan untuk mengonsumsinya.

Bahkan, belum lama ini, sebuah kejadian tidak mengenakkan dialami oleh ratusan penumpang pesawat Sriwijaya Air. Hal tersebut dipicu dari keputusan maskapai untuk membawa 3 ton durian dalam penerbangan mereka dari Bengkulu menuju Jakarta.

Berdasarkan sebuah video yang diunggah oleh seorang penumpang bernama Amir Zidane, disebutkan bahwa aroma durian tercium begitu menyengat hingga membuat para penumpang memprotes awak kabin, termasuk pilot yang sedang bertugas. Mereka bersikeras agar pihak maskapai segera menurunkan durian tersebut karena dianggap dapat mengganggu kenyamanan dan mengancam keselamatan mereka.

(Baca Juga: Meme-Meme Kocak Tes CPNS, Hayo Mana yang Paling Kreatif?)

(Baca Juga: Gaya Hangout Maia Estianty, Senang Temani Anak-Anaknya Kencan!)

Berdasarkan pernyataan pihak maskapai, para penumpang memang diperkenankan membawa durian dalam pesawat namun tidak boleh menimbulkan bau menyengat, dan harus diletakkan di dalam bagasi bukan kabin pesawat. Dengan kata lain, satu-satunya cara untuk mengakali hal tersebut adalah dengan mengemas durian hingga tidak mengeluarkan bau menyengat sama sekali.

Okezone berhasil merangkum beberapa teknik mengemas durian yang bisa Anda praktikkan jika hendak membawa buah tersebut saat menggunakan transportasi udara. Berikut ulasan lengkapnya, sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (6/11/2018).

Bungkus dengan lakban empat lapis

Para pencinta kuliner Indonesia tentu sudah tidak asing lagi dengan ‘Durian Ucok’. Tempat makan durian di Medan ini memang sangat populer karena menyuguhkan berbagai jenis durian berkualitas. Selain makan di tempat, Durian Ucok juga menjajakan durian untuk di bawa sebagai buah tangan. Oleh karena itu, mau tidak mau mereka harus mengemas durian sebaik mungkin.

Menurut pengakuan Zainal atau lebih dikenal dengan nama Ucok, untuk menghilangkan aroma menyengat durian, ia harurs mengemas durian menggunakan empat lapis lakban. Pertama, isi durian harus dimasukkan ke dalam kotak plastik yang sudah ditutup rapat dengan lakban. Kotak tersebut kemudian dimasukkan lagi ke plastik bening dan di lakban lagi. Teknik ini harus diulangi kurang lebih empat kali, hingga aroma durian tidak tercium sama sekali.

Bubuk arang kayu nangka

Teknik selanjutnya mungkin agak sedikit merepotkan. Anda harus menyiapkan bubuk arang kayu nangka sebanyak 200 g untuk setiap satu buah durian. Bubuk arang ini berfungsi sebagai absorben karena mengandung senyawa belerang yang bersifat gas dan menguap. Yang perlu Anda lakukan cukup taburkan bubuk arang pada sabut kelapa yang sudah dibasahi air, lalu bungkus sabut tersebut dengan kain flannel. Setelah siap, kain itu harus Anda balutkan disekiling durian hingga rapat dan diikat kuat.

Langkah selanjutnya adalah memasukkan durian yang sudah dibungkus ke dalam kertas minyak. Kemudian, durian dibungkus lagi dengan kantung kertas semen dan kantung plastik sebelum dimasukkan ke dalam peti kayu. Durian pun siap di bawa.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini