nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pergi ke Tokyo, Raisa Belajar Meracik Teh ala Jepang

Tiara Putri, Jurnalis · Selasa 06 November 2018 20:06 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 11 06 298 1974154 ergi-ke-tokyo-raisa-belajar-meracik-teh-ala-jepang-fBERH0lVTF.jpg Raisa Mencoba Membuat Teh di Jepang (Foto: Instagram)

TEH adalah minuman favorit bagi banyak orang. Teh bisa diminum kapan saja, mulai dari pagi hari, siang hari, sore hari, malam hari, atau bahkan saat sedang makan. Cara orang meminum teh pun bisa berbeda-beda. Ada yang senang teh dalam kondisi panas, tapi ada pula yang minum teh sambil dicampur es batu.

Akan tetapi, bagi masyarakat Jepang minum teh tidak bisa dilakukan secara asal. Ada serangkaian proses penyajian yang harus diikuti sebelum seseorang bisa menikmati rasa dan aroma teh. Proses tersebut ada di dalam upacara minum teh itu dikenal dengan istilah Chanoyu. Upacara ini pun harus dilakukan di sebuah ruangan khusus yaitu Chasitsu.

Baca juga:

Teh biasanya akan disajikan oleh tuan rumah atau orang yang mendalami seni upacara minum teh. Bagi siapapun yang hendak menjadi ahli Chanoyu harus memiliki pengetahuan mendalam tentang tipe teh, kimono, kaligrafi Jepang, ikebana, dan berbagai pengetahuan tradisional lain. Saat menyajikan teh kepada tamu, tuan rumah akan duduk bersimpuh dengan dada tegap. Begitu juga dengan para tamu.

Tuan rumah biasanya meracik teh menggunakan cawan keramik. Peralatan lainnya meliputi sendok dan pengocok teh. Sendok digunakan untuk mengambil bubuk teh dari tempat penyimpanan atau natsume untuk diletakkan di cawan. Kemudian bubuk teh akan diseduh menggunakan air panas lalu diracik dengan pengocok teh khusus. Sekadar informasi jenis teh yang digunakan adalah matcha atau sencha.

Setelah teh selesai diracik, tuan rumah akan menuangkan teh di cawan keramik ke gelas para tamu. Selanjutnya para tamu akan meminum teh dan menghabiskannya dalam tiga tegukan. Di tegukan terakhir, para tamu biasanya mengeluarkan suara menyeruput sebagai bentuk penghormatan pada tuan rumah dan memberitahunya jika tamu benar-benar menikmati sajian teh yang mereka suguhkan

Penyanyi Raisa Andriana baru-baru ini berkesempatan untuk menjalani ritual minum teh saat menginap di hotel Hoshinoya, Tokyo, Jepang. Hal ini terlihat dari foto dan video yang diunggahnya ke akun Instagram pribadinya, @raisa6690. Di video tampak dirinya belajar meracik teh sambil didampingi oleh staff hotel.

Perempuan yang tengah hamil anak pertamanya itu tampak mengenakan busana khas Jepang (Kimono) dan menggerai rambut panjangnya. Dari pantauan Okezone, Selasa (6/11/2018), Raisa tampak diajari untuk membersihkan cawan terlebih dahulu. Dirinya diminta menuangkan air panas ke cawan lalu menggoyang-goyangkannya. Air dari cawan kemudian dibuang dan cawan dilap.

Kemudian istri Hamish Daud itu diarahkan untuk menuangkan bubuk teh dan air panas. Selanjutnya the diaduk menggunakan pengocok khusus dan siap dihidangkan. Siapa yang mau mencicipi teh buatan Raisa?

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini