nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tips agar Jogging Jadi Kebiasaan, Tak Cuma Semangat di Awal!

Annisa Aprilia, Jurnalis · Rabu 07 November 2018 05:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 11 06 481 1974158 tips-agar-jogging-jadi-kebiasaan-tak-cuma-semangat-di-awal-SPeoUbx5tL.jpg Ilustrasi (Foto: Telegraph)

JOGGING menjadi salah satu olahraga murah, mudah, dan pastinya menyehatkan. Setiap orang mungkin telah menyadarinya, namun hanya sedikit saja orang yang bisa mempertahankan jogging sebagai kebiasaan olahraganya dan rutin dilakukan. Sisanya hanya semangat diawal saja.

Padahal, untuk jogging dan menjadi sehat Anda hanya membutuhkan sepasang sepatu yang nyaman dan kemauan untuk memulai, juga mempertahankannya. Jogging pun tidak seperti olahraga lainnya, sambil mengayunkan kaki dan sesekali melayang, Anda bisa mengelilingi lingkungan sekitar, bahkan bonusnya bisa mendapatkan inspirasi.

Namun semangat untuk jogging seringkali naik turun, kadang semangat, tapi kadang malas. Lantas, bagaimana cara agar terus semangat dan tetap jogging secara rutin? Dilansir Okezone dari laman New York Times, Rabu (7/11/2018), berikut caranya agar terus rutin jogging.

1. Mencoba metode run-walk

Metode run walk adalah cara yang bagus bagi pelari pemula untuk memulai kebiasaan berlari atau jogging. Bagi pelari yang sudah berpengalaman, metode ini dapat mengatur dan meningkatkan waktu latihan.

Metode yang dipelopori oleh Jeff Galloway, pelatih lari ini memang bernama run walk, tapi bukan berarti Anda berjalan ketika lelah. Namun, walk di sini artinya beristirahat singkat, Anda pun dapat memilih waktu berlari yang sesuai untuk diri sendiri.

metode runwalk

Dengan beristirahat sejenak, pelari dapat mengurangi risiko cedera dan memberikan waktu pemulihan yang teratur bagi otot dalam jangka waktu panjang. Akan tetapi, dalam sebuah perlombaan lari ada beberapa pelari yang tidak menyukai metode walk-break, karena menurut mereka perlombaan harus dijalankan dari awal sampai akhir tanpa henti.

2. Merencanakan waktu jogging

Meski terkesan sederhana dalam melakukan jogging, jika waktunya tidak Anda sediakan maka hanya akan jadi wacana semata. Maka, mulailah untuk merencanakan waktu latihan, misalnya tiga kali dalam seminggu, dua latihan pertama dalam seminggu sediakan 20 menit hingga 30 menit, kemudian lakukan jogging lebih lama pada akhir pekan sekira 40 menit hingga satu jam, berlarilah dengan kecepatan sedang, dan pertimbangkan untuk melakukan istirahat secara teratur.

Jogging Bareng

3. Pilihlah sepatu yang tepat

Jangan tergoda potongan harga, juga pada merek sepatu yang terkenal. Namun, cobalah empat hingga lima sepatu lari di sekitar toko dan biarkan kaki Anda merasakan kenyamannya. Tujuannya untuk mencegah kaki terkena dari cedera.

4. Kaus kaki

Selain sepatu, kaus kaki pun penting. Kaus kaki yang tidak nyaman seperti menggulung akan terasa menyakitkan dan membuat kaki terasa seperti tercekik. Carilah kaus kaki yang nyaman, pilih kaus kaki yang menutupi bagian belakang pergelangan kaki, tempat sepatu bergesekan dengan kulit. Cobalah kaus kaki terlebih dahulu sebelum membelinya.

5. Mendengarkan musik

Sebelum memulai berlari sebaiknya atur playlist musik kesukaan terlebih dahulu. Berlari atau jogging harus terasa seperti hadiah. Jika Anda menyukai suasana sepi pilih daerah yang sunyi, berlarilah sendiri. Namun, banyak pula orang yang jogging sambil mendengarkan musik yang ceria, mereka mendengarkannya untuk menemani selama perjalanan.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini