Ladies, Stop Pakai Sabun Bayi untuk Cuci Wajah Ini Dampaknya

Noor Chotijah , Jurnalis · Selasa 06 November 2018 19:15 WIB
https: img.okezone.com content 2018 11 06 611 1974146 ladies-stop-pakai-sabun-bayi-untuk-cuci-wajah-ini-dampaknya-uIKFyF6vKm.jpg Sabun bayi jangan untuk wajah orang dewasa (Foto:ilustrasi)

SETELAH beraktifitas di luar ruangan, terkena sinar matahari dan paparan debu, hal yang kita lakukan setelah itu pasti mencuci muka agar merasa segar dan bersih. Namun, bukan berarti kita bisa mencuci muka dengan sembarang sabun.

Sebaiknya Anda harus lebih mengenal kondisi pada wajah sendiri, agar tidak menjadi lebih sangat sensitif. Salah satu kebiasaan keliru yang dilakukan oleh orang dewasa adalah memakai sabun mandi babi untuk wajah.

Saat orang dewasa menggunakan sabun mandi bayi biasanya sudah merasakan gundah akan segala macam pembersih untuk membersihkan wajahnya. Sabun bayi adalah produk yang diciptakan sebagai salah satu pelindung bagi kulit-kulit dengan kadar pH tubuh yang condong kearah basa.

”Sabun bayi itu masalahnya, surfaktannya, pembersihnya mild sudah jelas untuk kulit bayi, dan sudah ada porsinya masing-masing,” kata Dr. Srie Prihianti, Sp.KK, PhD, FINSDV, FAADV. Wajah setiap orang itu pasti sangat sensitif, paling tidak akan timbul masalahnya ketika salah memakai jenis produk.

Baca Juga: Meme-Meme Kocak Tes CPNS, Hayo Mana yang Paling Kreatif?)

(Baca Juga: Gaya Hangout Maia Estianty, Senang Temani Anak-Anaknya Kencan!)

“Kulit orang dewasa, kelenjar minyaknya sudah berfungsi, aktivitas lebih tinggi sehingga daya bersihnya dari sabun mandi tidak cukup,” tambahnya. Menggunakan produk sabun muka dengan kandungan surfaktan yang ringan sehingga dapat tetap menjaga fungsi kulit.

Ada juga yang pernah menggunakan sabun mandi bayi tetapi tidak merasakan alergi gatal atau gejala lainnya. Coba perhatikan, wajah orang dewasa tidak akan menghasilkan kondisi apapun, selama pemakaian sabun tersebut.

“Jadi malah enggak memadai, tujuan untuk membersihkan kulit malah enggak tercapai sebenarnya,” sambung dari dr. Srie Prihianti. Nah, jangan sampai sudah rajin dan menunggu hasilnya malah tidak efektif sehingga justru menimbulkan efek buruk lainnya.

Mungkin untuk kalian yang masih menggunakan produk sabun bayi, harus segera berpindah, agar tidak ada dampak yang berlebih. Dr. Srie Prihianti memberikan saran untuk orang dewasa saat menggunakan produk kulit jangan yang mengandung antiseptik.

“Karena sabun-sabun antiseptik pengangkat struktur lipid sehingga bikin tambah parah, pakai sabun apa aja boleh, tapi jangan antiseptik,” lanjutnya.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini