Catat! Ada 6 Hal yang Perlu Kamu Pikirkan Sebelum Jalani Operasi Plastik

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 06 November 2018 21:45 WIB
https: img.okezone.com content 2018 11 06 611 1974214 catat-ada-6-hal-yang-perlu-kamu-pikirkan-sebelum-jalani-operasi-plastik-Wtx7j1urHB.jpg Ilustrasi operasi plastik (Foto: Thejournal)

JIKA dahulu yang namanya operasi plastik atau operasi kosmetik itu adalah hal yang cukup tabu, namun dengan seiring perkembangan zaman dan keterbukaan, sekarang yang namanya operasi plastik itu sudah menjadi hal yang biasa. Terutama di dalam dunia industri hiburan, baik dalam negeri ataupun internasional.

Di tengah lazimnya operasi kosmetik atau operasi plastik sekarang, namun sejatinya tetap ada hal-hal yang harus dipertimbangkan masak-masak terlebih dahulu sebelum mantap untuk melakukannya. Apa saja faktor-faktor yang harus dipertimbangkan tersebut? Menyitat Boldsky, Selasa (6/11/2018), yuk baca dulu pemaparannya berikut di bawah ini.

BACA JUGA:

Gaya Hangout Maia Estianty, Senang Temani Anak-Anaknya Kencan!

Adakah alternatif pilihan yang lain?

Sebelum betul-betul ingin melakukan bedah kosmetik ini, disebutkan hal pertama yang harus dilakukan adalah bertanya pada diri sendiri. Apakah ada pilihan atau alternatif lain yang bisa dilakukan selain melakoni bedah plastik. Untuk hal-hal seperti menurunkan berat badan, mendapatkan warna kulit yang lebih terang, atau memperbaiki atau mengencangkan tubuh pada dasarnya masih ada cara alami yang bisa dijadikan pilihan.

 

(Foto: Ilustrasi/Healthline)

Risiko

Semua sesuatu hadir dengan konsekuensinya masing-masing. Begitupun operasi plastik, perlu dicamkan dalam ingatan bahwasanya bedah kosmetik itu memiliki risiko infeksi pasca operasi. Jika kita serius mempertimbangkan untuk memilih bedah kosmetik, maka kita harus terlebih dahulu berbicara dengan dokter dan belajar serta memahami tentang semua risiko yang mungkin nanti bisa terjadi dengan dilakukannya tindakan ini.

Harga

Seperti yang kita tahu, bedah kosmetik jelas bukan pilihan yang murah, tetapi tidak sepenuhnya tidak terjangkau juga. Sebagian orang menilai bedah plastik hadir dengan harga yang terjangkau sementara beberapa orang lainnya menganggap harga yang harus dibayar cukup mahal.

Apa ada batasan?

Pada dasarnya operasi apa pun memiliki beberapa keterbatasan. Setiap operasi memiliki pro dan kontra sendiri dan bekerja secara berbeda untuk orang yang berbeda. Meskipun dokter mungkin menjamin hasil yang positif, namun tidak menutup kemungkinan bahwa kadang-kadang bedah kosmetik juga bisa salah. Sehingga tak heran, dalam beberapa kasus, pasien akhirnya tidak sepenuhnya puas dengan hasil akhir dari operasi kosmetik yang dilakukan.

 

(Foto: sebelum dan sesuah operasi plastik /ist)

Tahan berapa lama

Biasanya memang operasi plastik itu bertahan dalam jangka waktu yang lama. Namun, ini bukan solusi permanen tentunya. Sebab, seiring bertambahnya usia, efek operasi kosmetik dapat mulai luntur. Misalnya, jika kita melakukan operasi pengencangan wajah berbasis kulit (skin-based face-lift) di mana ini disebutkan mungkin hanya bertahan hingga satu tahun saja. Operasi pengencangan wajah biasanya dilakukan dengan tujuan mengencangkan otot-otot kulit dan mengurangi garis-garis halus dan kerutan. Beberapa operasi kosmetik dikatakan bisa bertahan hingga 10 tahun, akan tetapi yang perlu diingat itu tergantung pada masing-masing orang dan jenis operasi yang dipilih untuk menjalani. Oleh karena itu, disarankan memang sebaiknya bisa berkonsultasi dengan ahli bedah kosmetik terlebih dahulu sebelumnya.

BACA JUGA:

 Intip 5 Gaya Suami Maia Estianty, Irwan Mussry Kulineran, Doyan Santap Makanan Jepang Lho!

Apakah perlu di touch-up?

Beberapa tipe operasi plastik memang memerlukan tindak lanjut untuk hasil yang lebih sempurna, tetapi tidak semuanya tipe operasi plastik memerlukan tindakan lanjut. Jadi, konsultasikan dulu dengan dokter dan tanyakan apakah jenis operasi plastik yang dipilih itu tipe operasi kosmetik yang perlu melakukan tindak lanjut atau tidak dan apakah ada kemungkinan risiko yang terlibat di dalamnya.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini