nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Fenomena Minum Air Rebusan Pembalut, Ini Bahaya Kesehatan yang Mengintai

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 07 November 2018 15:46 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 11 07 481 1974542 fenomena-minum-air-rebusan-pembalut-ini-bahaya-kesehatan-yang-mengintai-Xz89bBHvEA.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

MENGEJUTKAN, sejumlah anak di Jawa Tengah terindikasi melakukan tindakan di mana mereka dengan sengaja merebus pembalut. Hal ini dilakukan dengan niat untuk bisa "nge-fly".

Ya, dalam keterangannya pada pihak kepolisian, anak-anak ini mengaku bahwa ketika mereka mengonsumsi air rebusan pembalut, mereka merasakan efek yang sama seperti mereka mengonsumsi narkotika jenis sabu.

Tapi, apakah benar efek itu bisa dirasakan?

Okezone coba mewawancarai Dokter Spesialis Penyakit Dalam dr Ari Fahrial Syam, SpPD, dan menurutnya, efek yang ditimbulkan dari mengonsumsi rebusan pembalut ini belum bisa dipastikan kebenarannya.

 (Baca Juga:Mengenal Zoonosis, Penyakit Ancaman Kesehatan Masyarakat Global)

"Wah saya belum tahu kandungan apa yang ada di dalam pembalut yang kemudian membuat anak-anak itu fly," terang dr Ari pada Okezone melalui pesan singkat, Rabu (7/11/2018).

Seperti yang dijelaskan di awal, anak-anak ini mengganti sabu dengan air rebusan pembalut untuk mendapat sensasi melayang dan tenang. Halusinasi pun menjadi efek samping dari konsumsi air rebusan pembalut ini.

Terkait dengan bahaya kesehatan yang bisa dirasakan, dr Ari menegaskan bahwa risiko yang bisa terjadi ada di area pencernaan.

 (Baca Juga:4 Dampak Kurang Minum Air Putih, Cepat Lelah hingga Gampang Marah)

"Kalau misalkan pembalut itu ada bekas atau sisa darah yang menempel, hal ini bisa menimbulkan gangguan pencernaan," paparnya.

Gangguan ini bisa muncul karena darah adalah sumber infeksi dan jika dikonsumsi atau tertelan oleh manusia, masalah pencernaan sangat mungkin terjadi. Itu juga berlaku dengan bakteri lain yang mungkin ada di dalam pembalut yang direbus.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini