nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jangan Malas Bangun, Ini 5 Manfaat Berolahraga di Pagi Hari

Tiara Putri, Jurnalis · Kamis 08 November 2018 04:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 11 07 481 1974710 jangan-malas-bangun-ini-5-manfaat-berolahraga-di-pagi-hari-EZAQC0DZAR.jpg Ilustrasi (Foto: BBC)

ADA pepatah ‘Awali hari dengan senyum’, tapi tidak ada salahnya untuk memulai hari dengan berkeringat. Tahukah Anda bila berolahraga di pagi hari sebelum memulai aktivitas dapat memberikan banyak manfaat? Melansir Health, Rabu (7/11/2018), inilah 5 manfaat yang bisa didapatkan :

Menjaga kesehatan sepanjang hari

Ketika seseorang memulai hari dengan berolahraga yang berdampak baik pada kesehatan, maka dirinya akan berusaha untuk menjaga kesehatan sepanjang hari. Salah satunya adalah membatasi diri untuk mengonsumsi makanan yang kurang bergizi seperti kue penuh gula atau minuman yang manis dan lebih memilih makanan sehat. Bahkan mungkin dirinya lebih aktif saat beraktivitas.

Tidur nyenyak di malam hari

Menurut National Sleep Foundation (NSF), orang-orang yang latihan treadmill pada jam 7 pagi akan tidur lebih lama di malam hari. Mereka juga mengalami siklus tidur yang lebih dalam dan menghabiskan 75% waktu lebih banyak dalam tahap paling reparatif dari untuk berolahraga di kemudian hari.

Tidur Malam

Menurunkan tekanan darah

Orang dengan tekanan darah tinggi alias hipertensi sering membutuhkan obat untuk mengendalikan tekanan darahnya. Akan tetapi perubahan gaya hidup seperti olahraga pagi dapat membantu. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Vascular Health and Risk Management dikatakan mereka yang berolahraga di pagi hari mengurangi tekanan darah pasca-latihan sebesar 10%.

Baca Juga: Padu-padan Hijab dengan Item Mahal ala Aisyahrani, Nggak Kalah Kece Badai dari Syahrini

Memiliki suasana hati yang menyenangkan

Berolahraga memberi dorongan endorfin yang pada dasarnya adalah penghilang rasa sakit alami untuk tubuh. Jika otak menerima endorfin di pagi hari, maka hari akan dimulai dengan perasaan lebih optimis dan kurang rentan terhadap stres serta kecemasan.

Kondisi ini membuat seseorang lebih siap untuk lebih produktif dalam bekerja dan mendapatkan perasaan berhasil karena mengetahui berhasil meluangkan waktu untuk diri sendiri. Cara ini dapat membantu menjaga kesehatan mental.

Baca Juga: 4 Gaya Stylish Cyntia Livianty, Adik Bungsu Maia Estianty

Memiliki sisa waktu yang banyak

Saat sudah melakukan aktivitas seharian penuh, terkadang seseorang enggan melakukan olahraga di malam hari karena merasa lelah. Selain itu, olahraga di malam hari seakan membuat dirinya tidak punya waktu untuk beristirahat. Dengan melakukan olahraga di pagi hari, maka orang tersebut memiliki waktu luang yang lebih panjang di malam hari setelah selesai beraktivitas.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini