nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mudahkan Masyarakat Cek Produk Obat dan Makanan, BPOM Siapkan Metode Pengawasan Semesta

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 07 November 2018 21:44 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 11 07 481 1974745 mudahkan-masyarakat-cek-produk-obat-dan-makanan-bpom-siapkan-metode-pengawasan-semesta-AQz0xtpbv1.jpg Ilustrasi (Foto: Thenutritioncode)

SEBAGAI konsumen, kita memang memiliki hak untuk mendapatkan produk yang berkualitas saat membeli produk yang dijual di pasaran, termasuk salah satunya obat dan makanan.

Tetapi di sisi lain, kita sebagai konsumen juga tentunya mempunyai kewajiban untuk menjadi konsumen yang cerdas dan teliti saat membeli produk obat dan makanan yang dijual di pasaran dengan memastikan bahwa produk obat dan makanan yang dibeli memang aman dan terjamin untuk dikonsumsi.

Untuk pengecekan, sebetulnya masyarakat Indonesia sudah bisa mengecek mandiri produk obat dan makanan yang dibeli dengan cara mengakses situs resmi BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan). Akan tetapi, tidak dipungkiri baru segelintir orang yang sadar dan aktif untuk memeriksakan sendiri status produk obat dan makanan yang dibeli dari pasaran tersebut.

BPOM sendiri, sebagai institusi resmi pemerintah sekarang diketahui mencoba tengah meningkatkan pengawasan sekaligus memudahkan masyarakat untuk melakukan pemeriksaan legalitas produk dengan metode digital melalui sistem pengawasan semesta. Di mana, seperti dijelaskan oleh Direktur Registrasi Pangan Olahan BPOM Anisyah, S.Si., Apt., M.P. program pengawasan semesta ini memfokuskan para pelaku usaha untuk menyertakan QR Code di label produk.

“Iya pengawasan semesta ini baru mau berlangsung, ke depannya dalam waktu dekat akan ada sosialisasi. intinya pelaku usaha harus wajibkan menyantumkan QR Code di label produknya,” ungkap Anisyah, saat ditemui Rabu (7/11/2018) di bilangan Thamrin, Jakarta Pusat.

cel label makanan

Anisyah menjelaskan lebih lanjut, kegunaan adanya QR Code pada label produk tersebut intinya bertujuan agar masyarakat bisa dengan mudah melakukan scanning identitas dari produk obat dan makanan yang dibeli.

“QR code itu apa? Pada saat di scan masyarakat itu akan identitas legalitas produknya, terdaftar atau tidak di Badan POM, lalu nomor izin edarnya berapa, jenis pangannya apa, itu yang akan muncul,” tambahnya.

Baca Juga: 4 Gaya Stylish Cyntia Livianty, Adik Bungsu Maia Estianty

Proses scanning tersebut, nantinya disebutkan lebih lanjut bisa dilakukan masyarakat umum melalui aplikasi mobile resmi BPOM yang bisa diunduh. Selain itu bisa juga dengan menggunakan alat scanner biasa pada umumnya.

Namun berbeda dengan scanning melalui aplikasi mobile resmi BPOM, jika melakukan scanning dengan alat scanner biasa informasi yang diperoleh tidak sedetail jika memeriksa melalui aplikasi mobile BPOM. Informasi soal produk obat dan makanan biasanya  didapatkan masyarakat sedetail seperti yang tertera di situs resmi BPOM.

Baca Juga: Padu-padan Hijab dengan Item Mahal ala Aisyahrani, Nggak Kalah Kece Badai dari Syahrini

Namun sayangnya, sejauh ini Anisyah belum bisa memberikan keterangan lebih jelas soal kapan program pengawasan semesta ini akan berjalan.

“Saya enggak bisa menyebutkan pastinya kapan, tapi dalam waktu dekat pimpinan saya akan mensosialisasikan. Yah intinya sih targetnya biar masyarakat itu semakin mudah mengakses legalitas produk, selama ini kan ngeceknya harus buka website BPOM. Sekarang kan era digital ya, jadi kemudahan juga buat masyarakat ya,” tandas Anisyah.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini