nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Meditasi, Cara Ampuh Kelola Stres di Kantor

Tiara Putri, Jurnalis · Kamis 08 November 2018 12:15 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 11 08 196 1974947 meditasi-cara-ampuh-kelola-stres-di-kantor-Rymjq4Rvyq.jpg Stres di kantor (Foto:Independent)

KANTOR merupakan salah satu tempat yang paling mungkin membuat seseorang mengalami stres. Pekerjaan yang menumpuk dan dikejar waktu serta perintah dari atasan tak dipungkiri dapat memberi tekanan pada pikiran. Bila tidak teratasi, stres dapat memicu sejumlah gejala psikologis dan fisik seperti sakit kepala, nyeri dada, mual, serta kecemasan.

Oleh karenanya, beberapa waktu belakangan muncul imbauan agar para karyawan menyerukan kesehatan mentalnya kepada perusahaan tempat dia bekerja. Sebab dalam kondisi serius stres yang dibiarkan dapat menghambat produktivitas. Selain membicarakan kesehatan mental, tentu karyawan juga perlu memanajemen dan mengatasi stresnya di kantor.

 5 Kisah Hidup Supermodel Dunia yang Berakhir Tragis, Salah Satunya Pemeran Film Spider-Man

Menurut psikolog klinis Dr Megan Jones Bell, salah satu penyebab paling umum stres terkait pekerjaan adalah memiliki hubungan yang menantang dengan bos. "Kita semua ingin merasakan bahwa ada ruang di dalam pekerjaan kita untuk menjadi kreatif dan agar suara didengarkan. Sayangnya, itu tidak selalu terjadi,” katanya seperti yang dikutip Okezone dari Independent, Kamis (8/11/2018).

Belum lagi karyawan terkadang tidak bertemu langsung dengan atasan sehingga pembicaraan terkait urusan pekerjaan seringkali bermasalah. Bahkan sebuah penelitian baru-baru ini yang dilakukan oleh perusahaan polling AS Gallup menemukan ada waktu dimana satu dari dua karyawan benar-benar meninggalkan pekerjaan untuk menjauh dari manajer mereka.

Sementara itu, penelitian oleh American Psychological Association mengklaim 75% orang Amerika percaya bos adalah bagian paling menekan dari hari kerja. Tentu banyak pula yang merasakan hal ini. Dr Megan menjelaskan beberapa bos dapat sangat menuntut yang dapat mengakibatkan retaknya keseimbangan kerja-kehidupan sehingga dapat memperburuk stres yang sudah ada.

"Seakan benar-benar tidak ada lagi perbedaan yang nyata antara pekerjaan dan kehidupan rumah. Gagasan tentang 'keseimbangan' antara dua bidang yang saling bersaing dalam kehidupan membuat karyawan percaya bila seharusnya ada batas-batas dan kemudian membuat mereka merasa tertekan dan cemas ketika batas itu tidak ada," jelas Dr Megan.

Dalam upaya untuk mengurangi stres yang berhubungan dengan pekerjaan, Dr Megan menyarankan agar karyawan mempelajari keterampilan penuh perhatian seperti meditasi. Kegiatan ini dapat dilakukan di kantor untuk membantu menenangkan diri. Meditasi melibatkan kesadaran seseorang terhadap lingkungannya serta dapat meningkatkan produktivitas, mengekang kecemasan, dan bahkan meningkatkan hubungan romantis .

 

Ketika dilakukan dengan benar, perhatian dari meditasi dapat menimbulkan perasaan tenang yang memungkinkan karyawan menenggelamkan sebagian stresnya terkait pekerjaan. Meditasi adalah sesuatu yang dapat dilakukan di meja kerja. Menurut ahli meditasi, Deepak Chopra, hanya dibutuhkan waktu satu menit untuk melakukannya.

 5 Momen Romantis Panji Trihatmodjo Bersama Istri Pasca Menikah

Ada 4 langkah yang bisa dilakukan untuk meditasi di meja kerja, yaitu :

1. Hentikan apa pun yang Anda lakukan.

2. Ambil napas dalam-dalam dan fokuskan pada sensasi pernapasan Anda.

3. Perhatikan apa yang sedang terjadi dan tanyakan pada diri Anda empat pertanyaan: "Siapakah saya? Apa yang saya inginkan? Apa dharma atau tujuan hidup saya? Apa yang saya syukuri?"

4. Lanjutkan pekerjaan atau rutinitas di hari itu dan terus pikirkan jawaban untuk pertanyaan-pertanyaan itu.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini