nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tanpa Singgung Perasaannya, Ini 6 Cara Beri Dukungan Pasangan yang Kehilangan Pekerjaan

Tiara Putri, Jurnalis · Kamis 08 November 2018 16:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 11 08 196 1975105 tanpa-singgung-perasaannya-ini-6-cara-beri-dukungan-pasangan-yang-kehilangan-pekerjaan-eKvXgDYAsg.jpg Ilustrasi (Foto: Bustle)

TIDAK ada orang yang ingin menjadi pengangguran. Oleh karenanya, kehilangan pekerjaan bisa menjadi sangat sulit untuk banyak orang. Terlebih bila itu terjadi secara mendadak. Kondisi ini bisa saja terjadi di orang terdekat Anda termasuk pasangan.

Di saat itulah Anda harus bisa memberikan dukungan dengan cara yang tepat terhadap pasangan. “Ketika pasangan kehilangan pekerjaan, itu bisa menjadi waktu yang menakutkan dan emosional bagi kedua belah pihak. Meskipun dapat membawa ketidakstabilan, ketegangan, dan keraguan dalam hidup Anda, penting untuk tetap positif dan menunjukkan dukungan kepada pasangan agar membantunya mengatasi situasi sulit," ujar seorang pelatih karier, Danielle Gonzalez seperti yang dikutip Okezone dari Bustle, Kamis (8/11/2018).

Pasangan membutuhkan peran Anda untuk kembali membangun kepercayaan diri dan mencari peluang baru. Inilah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendukung pasangan yang kehilangan pekerjaan :

1. Aktif mendengarkan

Mendengarkan adalah hal penting dalam hubungan apapun dan merupakan keterampilan untuk mendukung pasangan. Secara aktif mendengarkan dapat membuat pasangan melampiaskan isi hatinya. Kontak mata atau gerakan sederhana seperti memegang tangan dapat menunjukkan bahwa Anda sepenuhnya hadir.

dengarkan pasangan

2. Biarkan pasangan larut dalam perasaannya

Ketika pasangan kehilangan pekerjaan, sudah tentu dirinya mengalami berbagai emosi. Mulai dari kesedihan hingga kekecewaan. Untuk itu, biarkan dirinya larut dengan perasaannya dann berikan ruang untuk sendiri agar bisa lebih menerima keadaan. Jangan memaksakan diri untuk menghibur karena bisa jadi pasangan merasa tersinggung dan pada akhirnya itu malah menyebabkan masalah baru.

3. Bantu cari peluang baru

Mungkin sulit bagi pasangan untuk melihat peluang baru dengan segera. Tetapi setidaknya dia memiliki waktu untuk mengeksplorasi minat dan gairah lain yang dimiliki. Cobalah bantu pasangan untuk melihat peluang guna mendapatkan penghasilan baru. Dukung pula impian besarnya dan arahkan untuk menyusun rencana. Jika pasangan masih merasa terpuruk, ingatkan tentang kekuatan yang dimiliki. Entah itu bakat terpendam maupun keahlian.

4. Berikan pandangan positif

Pasangan mungkin merasa sedih saat kehilangan pekerjaan. Tapi bisa jadi dia juga memiliki keinginan untuk berhenti dari pekerjaannya dan membangun karier di tempat lain. Berikan pandangan positif bila pasangan bisa mendapatkan kesempatan untuk berkarier di tempat lain.

bantu motivasi pacar

5. Bersikap empati

Jika pasangan kehilangan pekerjaannya, maka dia membutuhkan empati dari Anda. Dirinya bukan hanya sekadar memerlukan rasa kasihan tetapi juga kesabaran, kebijaksanaan, dan kebaikan. Selain itu, yakinkan dia bila bersama Anda masalah ini dapat teratasi dengan baik karena Anda bisa ikut membantu secara finansial.

6. Tanyakan hal yang dibutuhkan

Untuk memberi dukungan, Anda bisa menanyakan kepada pasangan tentang sikap dan hal yang harus Anda lakukan untuk membuatnya tenang. Bila dia tidak mengatakan apapun, coba usulkan untuk menghabiskan waktu bersama. Ajak dirinya untuk mensyukuri hal yang terjadi dalam hidup.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini