nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Alasan Oven dari Batu Bata Hasilkan Pizza Terenak

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 08 November 2018 08:09 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 11 08 298 1974880 alasan-oven-dari-batu-bata-hasilkan-pizza-terenak-mSLbhaATkY.jpg Memanggang Pizza di Oven Bata (Foto:

WALAU termasuk makanan asing, pizza sudah sangat familiar di lidah masyarakat Indonesia.

Bicara soal pizza, salah satu metode paling klasik untuk membuat pizza adalah dengan dimasak menggunakan brick ovenatau oven yang terbuat dari tumpukan batu bata. Oven batu bata diketahui sudah ada selama berabad-abad. Uniknya oven batu bata ini menghasilkan pizza dengan rasa yang spektakuler alias lezat tak terkira.

Pizza bergaya Neopolitan memang spesial, hadir dengan pinggiran yang garing dengan tampilan bintik-bintik hangus. Bintik hangus pada pizza sebenarnya sebagai bukti pizza telah dipanggang dalam oven yang sangat panas. Namun bagian dalamnya, terasa lembut, elastis, dan harum, belum lagi dengan toppingnya yang matang sempurna.

Untuk bisa mendapatkan pizza sesempurna ini, kamu bisa temui pizza di Italia yang dipanggang di oven batu, dimana panasnya bisa mencapai 700 derajat Fahrenhei lebih. Dengan suhu tinggi ini, maka tak heran pizza dimasak dalam waktu yang cepat yakni 2 menit.

Lalu sebetulnya, kenapa sih oven batu bata bisa menghasilkan pizza yang sempurna? Sebagaimana diwarta Readerdigest, Kamis (8/11/2018) kesempurnaan tersebut ternyata disebabkan karena konduktivitas termal dari batu bata, atau dengan kata lain seberapa efisien batu bata ini mentransfer panas ke dalam adonan.

Ketika membandingkan tanah liat dan baja, tanah liat jauh lebih lambat untuk memanaskan sesuatu yang diletakkan di atasnya, dan ini berarti bahwa masing-masing oven ini dipanaskan ke suhu yang sama, kerak di dalam oven bata tidak akan terasa panas seperti kerak di oven baja.

Sedangkan di sisi lain, oven tanah liat memiliki lebih banyak waktu untuk memasak sebelum pinggiran adonan pizza matang. Nah, di dalam oven baja, pinggiran adonan akan dibakar pada suhu tinggi bahkan sebelum keju meleleh. Maka dari itu, oven batu bata sangat ideal untuk memanggang pizza karena crust atau pinggiran kerak yang dipanaskan pada suhu tinggi tetapi di saat yang bersamaan suhu temperature panas ini memberikan topping atau taburan di adonan pizza waktu yang cukup untuk bisa dimasak dengan benar.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini