nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sebastian Gunawan Tertantang Buat Desain Unik untuk Peralatan Makan Cantik

Dewi Kania, Jurnalis · Kamis 08 November 2018 21:31 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 11 08 298 1975235 sebastian-gunawan-tertantang-buat-desain-unik-untuk-peralatan-makan-cantik-ouWnfkJwNT.jpg Piranti makan dengan motif unik (Foto: Dewi/Okezone)

MAKANAN yang terlihat enak tidak hanya berdasarkan wujud makanannya saja. Piranti makan yang menjadi wadah penyajiaannya pun sangat penting.

Maka penting sekali jika seseorang memiliki peralatan makan dengan motif unik nan klasik. Apalagi kalau terkesan artsy, bakal membuat orang semakin jatuh cinta.

Zen berkolaborasi dengan Sebastian Gunawan, mengeluarkan desain piranti makan unik penuh filosofi. Anda pasti bakal suka saat pertama kali melihat.

Apalagi Seba, sapaan akrab perancang busana Tanah Air itu, mencoba tantangan baru mendesain peralatan makan. Seperti cangkir, mangkuk, cake plate, teapot, saucer, cup, hingga berbagai macam piring cantik.

"Buat saya suatu kepuasan tersendiri saat mendesain piranti makan ini. Saat ini penyajian makanan juga terkesan lebih enak dan nyaman dilihat, kalau piranti makannya menarik," ujar Seba di sela-sela Peluncuran Arcadia Zen X Sebastian Gunawan di kawasan Senopati, Jakarta Selatan, Kamis (8/11/2018).

peralatan makan

Dia menjelaskan, piranti makan cantik ini dibuat berdasarkan sisi keharmonisan kehidupan sehari-hari. Ada pilihan warna cantik yang melambangkan banyak hal.

Baca Juga: Tak Selalu Seksi, 5 Gaya Busana Maria Ozawa yang Buat Penampilannya Semakin Cantik

Piranti makan cantik ini didesain dengan warna biru yang melambangkan dengan kedamaian. Kuning menggambarkan kehangatan, serta putih bermakna kemurnian. Motif tersebut dijuluki Arcadia yang melambangkan tempat tinggal dewa.

"Dalam mendesain tableware, saya tetap menaruh ciri khas desain tanpa meninggalkan makna. Benang merah dari semua lambang desain yang dipakai ini menyatu pada alam," bebernya.

peralatan makan

Namun, bukan berarti dalam mendesain peralatan makan tersebut Seba tidak mengalami kesulitan. Sebabnya, selama ini dirinya lebih kerap mendesain baju serta item fesyen lainnya yang berkesinambungan.

"Susahnya desain satu motifnya harus sesuai jenis piranti makannya. Walapun ada benang merah, tapi masing-masing punya perbedaan bentuk. Menempel motif di piring, cup, saucer, atau teapot itu harus seimbang. Waktunya butuh 6 bulan," paparnya.

Baca Juga: Berpenghasilan Rp436 Miliar Setahun, Penyanyi Ini Hobi Pakai Kaus Kaki Bolong

Pada kesempatan itu, Seba menjelaskan perbedaan cara kerja mendesain baju dengan tableware. Menurutnya, saat membuat desain untuk peralatan makan tergolong lebih sulit.

Pada dasarnya, Seba kerap mendesain baju dengan model apapun. Tapi setelah ditawari mendesain tableware, jelas baginya ini adalah sebuah tantangan.

"Padu-padan motifnya bisa berubah, apalagi kalau ada perubahan bentuk tableware. Kaitannya juga dengan proses manufaktur untuk memudahkan produksi. Tantangan banget," ungkap dia.

Meski begitu, ia sudah berhasil mendesain tableware dengan motif koleksi unik. Malahan sebelumnya, cenderung pada pilihan motif klasik nan cantik.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini