nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pembalut Punya Banyak Fakta Mengejutkan, Nomor 3 Bikin Ngeri!

Dewi Kania, Jurnalis · Kamis 08 November 2018 20:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 11 08 481 1975226 pembalut-punya-banyak-fakta-mengejutkan-nomor-3-bikin-ngeri-gXOBq7Gex2.jpg Ilustrasi (Foto: Scoopwhoop)

MENGGUNAKAN pembalut saat menstruasi belum tentu aman bagi kesehatan. Apalagi kalau nekat minum air rebusan pembalut, yang dianggap bisa menimbulkan sensasi fly alias mabuk, pasti ada bahayanya tersendiri.

Pembalut pada dasarnya bukan barang khusus perempuan yang dibuat dari bahan aman. Meski teruji klinis, belum tentu setiap orang cocok memakainya.

Pembalut bisa menularkan banyak penyakit, apalagi yang sudah terkontaminasi udara luar. Anda mesti tahu lima faktanya sebagai langkah pencegahan, seperti dilansir Okezone dari Lifecrust, Kamis (8/11/2018).

Pembalut bisa mengancam kesehatan

Wanita tidak sadar akan risiko yang dialami saat sedang haid. Biasanya pembalut yang dipakai saat datang bulan dianggap bersih dan nyaman dipakai. Malahan, ada beberapa wanita yang jarang ganti pembalut setiap tiga jam. Maka risiko penularan penyakit pun jadi meningkat sepanjang waktu.

Baca Juga: Benarkah Air Rebusan Pembalut Sama Efeknya dengan Sabu?

Mengandung banyak bahan kimia

Ada banyak kandungan bahan kimia pada pembalut wanita. Umumnya, dapat menyebabkan beberapa jenis infeksi penyakit yang mengancam area Miss V. Terlebih, risiko tersebut dapat Anda alami saat jarang ganti pembalut saat menstruasi.

Bisa terserang kanker serviks lho

Karena area Miss V sering kotor dan tidak higienis, kuman dan bakteri mudah masuk. Akibatnya, virus HPV pun dapat berkembang biak. Jadilah Anda mudah terserang kanker serviks, gara-gara tidak menjaga higienitas pembalut.

pembalut

Tidak ramah lingkungan

Tahukah Anda, pembalut jadi suatu ancaman bagi lingkungan. Setiap tahun, 42,6 juta wanita, seperti di India membuang lebih dari 7 juta pembalut. Hal ini mestinya jadi perhatian khusus, karena pembalut bekas tidak dapat didaur ulang.

Baca Juga: Tak Selalu Seksi, 5 Gaya Busana Maria Ozawa yang Buat Penampilannya Semakin Cantik

Sebaiknya lebih aman pakai tampon

Para wanita harus tahu kalau pembalut tidak ramah lingkungan. Sebaiknya, Anda menggunakan tampon yang bukan sekali pakai dibuang. Meski pada dasarnya mengenakan tampon tidak nyaman, tapi dianggap lebih baik.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini