nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Rahasia Cantik di Balik Perawatan Tradisional ala Perempuan Indonesia

Annisa Aprilia, Jurnalis · Sabtu 10 November 2018 07:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 11 09 611 1975788 rahasia-cantik-di-balik-perawatan-tradisional-ala-perempuan-indonesia-OlK4YrCTL5.jpg Masker kunyit (Foto: Sketchy Sloth)

INDONESIA merupakan negara kaya yang memiliki sumber daya alam beranekaragam. Oleh karenanya tidak heran pula jika sumber daya alam tersebut dapat digunakan untuk berbagai jenis kepentingan, seperti perawatan kecantikan perempuan.

Bahan-bahan alami dapat dengan mudah ditemukan di alam Indonesia, kemudin digunakan untuk merawat tubuh dan wajah. Bengkoang termasuk salah satu hasil alam Indonesia yang sudah tersohor manfaatnya, tidak hanya itu saja karena masih banyak bahan alami lainnya, yang telah Okezone himpun dari berbagai sumber, berikut ini.

1. Masker bengkoang

Masker bengkoang sudah banyak diketahui para perempuan dapat memberikan manfaat bagi wajah. Salah satunya yang kentara ialah membuat wajah lebih cerah. Namun, hanya sedikit yang tahu rahasia di baliknya.

Bengkoang dapat mencerahkan, mengencangkan, hingga mengatasi gatal pada wajah, karena mengandung antiseptik, fosfor, vitamin A, kalsium, vitamin B, vitamin C, folat, besi, thiamin, riboflavin, piridoksin, asam pantotenat, pachyrizon, dan kandungan lainnya yang bermanfaat.

infografis

2. Masker beras

Beras selain dijadikan makanan pokok juga bisa dijadikan bahan alami untuk merawat wajah. Perempuan yang rutin merawat wajah dengan masker beras, dapat merasakan manfaat kulit lebih cerah.

Mirip seperti bengkoang, beras yang manfaatnya dapat dilihat ini, ternyata juga dapat membuat wajah terasa halus. Ternyata ada rahasia di balik manfaatnya, karena beras memiliki kandungan vitamin, mineral, dan asam amino. Ada pula kandungan asam ferulat yang bekerja sebagai antioksidan dan allatoin yang dapat menyejukkan kulit wajah.

3. Masker kunyit

Kata siapa kunyit cuma bisa jadi bumbu dapur? Kamu salah ladies! Karena kunyit pun bisa jadi bahan alami masker wajah.

Kandungan vitamin B6, C, zat besi, dan magnesium yang tinggi membuat kunyit bermanfaat membuat wajah menjadi lebih awet muda, karena mengandung sifat anti aging, sehingga mencegah keriput, dan garis-garis pada wajah. Selain itu, kunyit pun punya sifat antiinflamasi, antibakteri, dan antijamur membuat kunyit ampuh jadi obat jerawat alami.

masker kunyit

4. Masker lemon

Jeruk lemon biasa dijadikan minuman atau penyegar alami dalam makanan seperti soto. Dalam dunia kecantikan, ternyata lemon bisa juga digunakan.

Kandungan lemon dapat membuat wajah menjadi lebih lembap. Cocok bagi kamu yang memiliki kulit wajah cenderung kering. Mengapa lemon bisa dijadikan masker? Sebab lemon mengandung vitamin C tinggi, yang dapat mengangkat sel kulit mati.

masker lemon

5. Ketan hitam

Ketan hitam biasa diolah jadi makanan, tapi selain bisa mengenyangkan perut ketan hitam pun dapat dibuat masker wajah. Tidak tanggung-tanggung, tanpa banyak yang tahu ternyata ketan hitam mengandung gula, karbohidrat, lemak, protein, dan serat, sehingga dapat membuat wajah cerah, tidak kusam, dan bersinar.

ketan hitam

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini