nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bendi Festival, Lomba Memasak yang Hadirkan Juri Jebolan Masterchef

Lifia Mawaddah Putri, Jurnalis · Sabtu 10 November 2018 18:11 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 11 10 298 1976033 bendi-festival-lomba-memasak-yang-hadirkan-juri-jebolan-masterchef-yRwz7aMSCH.jpg Ilustrasi. (Foto: Huffpost)

HARI ini warga Kebayoran Lama menikmati festival yang diadakan di daerah Bendi. Festival ini juga pernah diselenggarakan tahun lalu. Setiap tahunnya, acara ini diadakan dengan tema yang berbeda-beda.

“Setiap tahunnya memang diadakan dengan tema yang berbeda-beda. Untuk tahun lalu itu temanya cenderung ke budaya Betawi. Dan untuk tahun ini kita mengambil tema budaya nusantara,” kata Yudhi Reyka Asmara, selaku ketua pantia Bendi Festival, yang ditemui Okezone di daerah Jakarta Selatan.

Selain diadakan panggung pentas seni yang menampilkan berbagai tarian-tarian nusantara, ada satu kegiatan yang paling ditunggu-tunggu. Kegiatan tersebut adalah lomba memasak. Peserta yang ikut dalam perlombaan masak ini berjumlah 10 orang, dan juri dari lomba memasak ini adalah Chef Axhiang, seorang chef jebolan kontes memasak Masterchef.

Baca Juga: Sederet Kasus Operasi Plastik yang Gagal, Termasuk Ratna Sarumpaet?

“Nanti setiap peserta akan mengambil nomor meja secara acak. Di tiap meja tersebut, telah disediakan bahan-bahan masakan yang berbeda-beda. Dan menu-menu masakan itu semuanya masakan nusantara,” jelasnya.

Menu-menu yang akan diperlombakan dalam perlombaan memasak ini diantaranya seperti ayam betutu, laksa, pindang patin, kari ayam, ayam penyet dan lain sebagainya.

“Lomba masak ini kan fun cooking. Yang masak itu nanti juga lebih ke family, jadi ada bapak, ibu serta anaknya. Jadi menurut saya ini bersifat edukasi sih sebenarnya. Jadi kita memberi tahukan kepada masyarakat tentang masakan-masakan nusantara yang mungkin belum mereka ketahui,” ujar Chef Axiang.

Untuk penilaian dari lomba memasak ini, Chef Axhiang kemudian juga menjelaskan apa saja poin-poin yang akan dia nilai. “Yang pasti karena ini kerjasama tim, jadi akan dinilai kekompakannya. Lalu dari bahan yang ada, kita akan melihat bagaimana mereka mengkreasikannya,” paparnya.

Baca Juga: Intip Gaya Liburan Maria Ozawa Pakai Bikini, Bikin Mata Pria Ogah Kedip!

Acara festival ini akan diselenggarakan selama dua hari. Perbedaannya, di hari ke-2, lomba memasak tersebut akan diikuti oleh anak-anak milenial. Mereka akan ditantang dengan diberikan bahan masakan sederhana, untuk dikreasikan menjadi menu makanan yang kekinian.

“Jadi nanti akan disediakan bahan seperti misalnya mie. Nah nanti para peserta anak-anak muda ini akan mengkreasikan mie tersebut menjadi masakan kekinian. Kalau sekarang kan banyak tuh misalnya ada donat mie, terus ada juga bola-bola tahu rambutan. Jadi ya bagaimana mereka mengkreasikan mie tersebut menjadi masakan kekinian,” jelas Chef Axhiang.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini