nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mengenal Vampire Facial, Perawatan Wajah Menggunakan Plasma Darah dari Tubuh Sendiri

Tiara Putri, Jurnalis · Minggu 11 November 2018 10:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 11 10 611 1975862 mengenal-vampire-facial-perawatan-wajah-menggunakan-plasma-darah-dari-tubuh-sendiri-13GbAiWm0H.jpg Hailey Baldwin (Foto: Bustle)

ADA begitu banyak perawatan untuk menghasilkan kulit wajah yang cerah dan awet muda. Malah terkadang ada perawatan yang tidak masuk akal seperti menggunakan darah. Hal inilah yang sempat dilakukan oleh Kim Kardashian dan menghebohkan pengguna Instagram. Ya, dirinya memang sempat mengunggah foto yang memperlihatkan wajahnya dipenuhi oleh darah di akun pribadinya.

Perawatan yang dilakukan oleh Kim dikenal dengan nama vampire facial yang melibatkan plasma darah. Cara kerjanya adalah mengambil darah dari dalam tubuh pasien kemudian diproses menggunakan centrifuge. Tujuannya mengeluarkan plasma yang mengandung trombosit dan faktor pertumbuhan. Lalu plasma itu akan dioleskan atau disuntikkan ke wajah.

(Baca Juga: 5 Selebriti Indonesia Ini Masuk Nominasi Wanita dengan Wajah Tercantik Versi TC Candler)

 

Beberapa penelitian menunjukkan perawatan wajah dengan plasma tergolong efektif untuk meremajakan kulit. Alasannya karena saat trombosit yang terkandung di plasma disuntikkan ke wajah, maka tubuh akan berpikir bahwa telah terjadi cedera. Dari situlah akan terjadi pertumbuhan sel untuk membantu pembentukan kolagen baru. Di sisi lain, trombosit juga sering digunakan untuk mempercepat penyembuhan luka bedah pasca operasi.

 

Di klinik kecantikan, perawatan dengan plasma darah akan dicampur dengan cairan lain untuk mengurangi komplikasi, meningkatkan produksi kolagen, dan memiliki hasil yang lebih tahan lama. Atas alasan inilah maka tak heran bila perawatan menggunakan darah dipercaya dapat membuat seseorang tampak awet muda.

(Baca Juga: Jenis-Jenis Perawatan Kecantikan, dari yang Alami hingga Pakai Laser)

Selain Kim, artis lain yang juga melakukan perawatan dengan plasma darah adalah Heiley Baldwin. Dirinya menggunakan krim yang berasal dari plasma darah. Dalam sebuah wawancara, kekasih Justin Bieber itu mengatakan alasannya memilih menggunakan krim wajah yang dari darah karena menjaga kulit tetap segar dan sehat.

 

Hampir sama dengan perawatan Kim, krim darah yang digunakan oleh Heiley berasal dari plasma darah. Seperti yang dikatakan sebelumnya, kandungan trombosit pada plasma darah memberikan efek yang baik untuk kulit.

(Baca Juga: Apa Definisi Cantik dari Masa ke Masa hingga Belahan Dunia Menurut Versi Kamu?)

Selain itu, ada pula sel darah putih di dalam plasma. Trombosit dan sel darah putih merupakan faktor pertumbuhan yang memberitahu sel-sel tubuh untuk meremajakan dan meningkatkan produksi kolagen sehingga kulit bisa tetap sehat dan elastis. Plasma darah juga dapat memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat menyembuhkan jerawat dan eksim. Demikian seperti yang dirangkum Okezone dari berbagai sumber, Minggu (11/11/2018).

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini